UPAYA MENGEMBANGKAN MINAT MENULIS SISWA MELALUI GAWAI MENUJU NEW NORMAL

Authors

  • Purnami Purnami

DOI:

https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i2.42634

Abstract

Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gawai terhadap minat menulis siswa kelas VI, SDN Karangtengah IV menuju persiapan new normal. Dalam Penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah melalui pemanfaatan gawai dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan menulis terutama pada saat pembelajaran dari rumah, siswa kelas VI SDN Karangtengah IV masih rendah. Namun, dalam penggunaan  gawai dalam berkomunikasi sangat lancar. Hal tersebut yang mendorong untuk meneliti seberapa besar pengaruh gawai dalam menumbuhkan minat menulis siswa menuju persiapan new normal. Tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran melalui pemanfaatan gawai dalam menumbuhkan minat menulis siswa. Siswa mendapatkan tugas melalui pembelajaran luring dan daring. Tugas tersebut berupa pemanfaatan video dan gambar melalui gawai yang mereka miliki, kemudian dikembangkan menjadi tugas tertulis. Kendala yang terjadi di lapangan adalah ada beberapa siswa yang tidak memiliki gawai sendiri, sehingga pengerjaan tugas menjadi tidak tepat waktu. Disamping itu, terkadang sulit mendapatkan sinyal. Efektifitas pemanfaatan gawai pada kegiatan pembelajaran adalah adanya peningkatan minat menulis pada siswa. Minat menulis tumbuh karena adanya rasa senang dengan media gawai tersebut. Dari rasa senang itulah timbul minat yang lebih terhadap tugas yang diberikan. Hasil akhir menunjukkan bahwa dengan pemanfaatan gawai dalam kegiatan pembelajaran, minat menulis di kelas VI pada SDN Karangtengah IV mengalami peningkatan.

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

Purnami, P. (2022). UPAYA MENGEMBANGKAN MINAT MENULIS SISWA MELALUI GAWAI MENUJU NEW NORMAL. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(2). https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i2.42634