PENGARUH KERJA SAMA ANTARA PENDIDIK DAN ORANGTUA TERHADAP PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK

Authors

  • Daning Kusniapuantari Kelompok Bermain Citragami Kulon Progo
  • Yoyon Suryono Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jppm.v1i1.2353

Keywords:

kecerdasan emosi, pengasuhan pendidik, pengasuhan orangtua, kerja sama pendidik dan orangtua

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengasuhan pendidik, orangtua dan kerja samanya terhadap pengembangan kecerdasan emosional anak di PPAUD Nusa Indah Bumirejo. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling dengan besar sampel 30 anak, 30 orangtua, dan 10 pendidik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan dengan metode analisis regresi linier ganda. Hasil persamaan regresi linier adalah: Y' = -126,612 + 0,845X1 + 0,864X2. Hasil ini menunjukkan bahwa pengasuhan pendidik berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan emosional anak bila dilakukan bersama dengan orangtua. Kerja sama pengasuhan pendidik dan orangtua secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan emosional anak, sumbangan pengaruhnya sebesar 73,4%.

Kata kunci: kecerdasan emosi, pengasuhan pendidik, pengasuhan orangtua, kerja sama pendidik dan orangtua.

 

THE EFFECT OF THE COOPERATION BETWEEN TEACHERS AND PARENTS ON THE DEVELOPMENT OF THE EMOTIONAL INTELLIGENCE OF THE CHILDREN

Abstract

This study aims to investigate the effect of teachers', parents, and  cooperation between teachers and parents on the development of the emotional intelligence of the children in PPAUD Nusa Indah Bumirejo. The sample was selected using the stratified random sampling technique with 30 children, 30 parents and 10 teachers. The data collecting instruments consisted of a questionnaire, observation, and documentation. The data were analyzed by means of descriptive statistics and multiple regression analysis mothod. The linear regression equation is Y'= -126.612 + 0.845X1 + 0.864X2. This shows that teachers' upbringing has a significant effect on children's emotional intelligence if with parents simultaneously. The cooperation between teachers and parents simultaneously has a significant effect on children's emotional intelligence, the contribution of the effect is 73.4%.

Keywords: emotional intelligence development, teachers' upbringing, parents' upbringing, cooperation between teachers and parent

References

Depdiknas. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal pendidikan Non-formal dan Formal, Kementrian Pendidikan Nasional.

Goleman, D. (2000). Emotional intelligence. kecerdasan emosional. Alih bahasa T. Hermaya. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Nurkholis.(2009).Meningkatkan kecerdasan emosi dan inteligensi siswa melalui peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 16, Nomor 2 Juni 2009 pp. 112-118. Lembaga Pen-didikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI)

Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan anak prasekolah. PT Rineka Cipta: Jakarta

Riduwan. (2007). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. CV Alfabeta: Bandung

Sudjud, A. (1998). Permasalahan dan alternatif solusinya di lembaga prasekolah. FIP IKIP Yogyakarta: Yogyakarta

Yulsyofiend. (2003). Membangun kecerdasan emosional anak usia dini. PEDAGOGI. Jurnal Ilmu Pendidikan. hal 69-76. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang: Padang

Zuchdi, Darmiyati. (2010). Humanisasi pendidikan menemukan kembali pendidikan yang manusiawi. Bumi Aksara: Jakarta

Downloads

Published

2014-03-01

How to Cite

Kusniapuantari, D., & Suryono, Y. (2014). PENGARUH KERJA SAMA ANTARA PENDIDIK DAN ORANGTUA TERHADAP PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(1), 18–31. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i1.2353

Issue

Section

Articles