Merintis ketahanan pangan dan membentuk karakter peduli lingkungan pada remaja di Piyungan

Astuti Wijayanti, Laily Rochmawati Listiyani, Tias Ernawati, Rini Nurhayati

Abstract


Cepokojajar Piyungan memiliki banyak potensi sumber daya manusia dengan usia produktif. Di sana juga terdapat banyak lahan yang digunakan untuk mengembangkan potensi lokal seperti pertanian. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan pemuda dengan kegiatan positif dan meningkatkan ketahanan pangan di daerah tersebut sehingga menjadi remaja yang mandiri, bermanfaat dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Metode kegiatan ini praktik berkelompok, diskusi dan tanya jawab yaitu meliputi (1) praktek pembenihan tanaman pangan; (2) praktek membuat nutrisi tanaman dan pupuk cair dari bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti air kelapa, susu fermentasi, telur, cangkang telur, dan kulit pisang; (3) teknik perawatan tanaman; dan (4) pemanfaatan barang bekas sebagai media tanam. Kegiatan ini bekerjasama dengan WALHI Yogyakarta dan karang taruna Cepokojajar Piyungan Bantul. Pengabdian masyarakat ini mendampingi remaja untuk praktik langsung dalam mengelola lingkungan yang efektif dan efisien sehingga dapat menumbuhkan karakter peduli lingkungan sejak dini bagi remaja. Peserta sangat antusias dan aktif selama kegiatan, mereka mendapatkan pengalaman dan pengetahuan aplikatif di bidang pertanian dan kesadaran untuk peduli terhadap lingkungannya semakin besar. Peserta termotivasi untuk praktik langsung di lingkungan masing-masing serta bertekad untuk mengembangkan pengetahuan yang mereka peroleh di rumah masing-masing dengan bertanam, merawat dan memanfaatkan produk pangan, sehingga remaja aktif merintis ketahanan pangan di daerah Piyungan.

 

Pioneering food security and shaping the character of environmental care for adolescents in Piyungan

 

Abstract

Cepokojajar Piyungan has a lot of potential human resources with productive age. There is also a lot of lands that are used to develop local potential such as agriculture. This activity aims to empower youth with positive activities and improve food security in the area so that they become adolescents who are independent, useful and care for the surrounding environment. The method of this activity is group practice, discussion and question and answer which includes (1) the practice of hatching food crops; (2) the practice of making plant nutrients and liquid fertilizer from easily available materials such as coconut water, fermented milk, eggs, eggshells, and banana peels; (3) plant care techniques; and (4) utilization of used goods as planting media. This activity is in collaboration with WALHI Yogyakarta and Cepokojajar Piyungan Bantul youth. This community service assists youths to practice directly in managing the environment effectively and efficiently to foster the character of caring for the environment early on for adolescents. Participants were very enthusiastic and active during the activity, they gained experience and applicative knowledge in agriculture and greater awareness to care for their environment. Participants are motivated to practice directly in their respective environments and are determined to develop the knowledge they obtain in their respective homes by planting, caring for and utilizing food products, so that young people actively pioneering food security in the Piyungan area.


Keywords


food security; environmental care character; ketahanan pangan; karakter peduli lingkungan

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan karakter anak untuk peduli lingkungan yang ada di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 123–133. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1171

Ali, M. N., Mahfudz, M., Ramlan, R., & Rahman, N. (2018). Sociopsicological rehabilitation model and the improvement of affected household food security in the terrorist’s territory of Mt. Biru, Poso, Central Sulawesi. Social Humanity: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 1–12. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JH/article/view/11771

Anggita, Y. D., & Supriyanto. (2014). Penanaman dan pengembangan karakter peduli lingkungan di sekolah alam (Studi kasus di SMP Alam Ar-Ridho Semarang). Journal of Biology Education, 3(3), 338–344. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/4534

Ardianti, F. E., Qomariah, N., & Wibowo, Y. G. (2018). Pengaruh motivasi kerja, kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan (Studi kasus pada PT. Sumber Alam Santoso Pratama Karangsari Banyuwangi). Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(1), 13–31. https://doi.org/10.32528/smbi.v8i1.1764

Brata, K. R., & Nelistya, A. (2008). Lubang resapan biopori. Niaga Swadaya.

Elsa, F., Khairil, K., & Yunus, Y. (2018). Penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui metode inkuiri terhadap sikap dan perilaku siswa pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan di SMP Negeri 6 Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(1), 28–32. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.232

Fagi, A. M. (2013). Ketahanan pangan indonesia dalam ancaman. Analisis Kebijakan Pertanian, 11(1), 11–25. https://doi.org/10.21082/akp.v11n1.2013.11-25

Gresinta, E. (2015). Pengaruh pemberian monosodium glutamat (MSG) terhadap pertumbuhan dan produksi kacang tanah (Arachis hypogea L.). Faktor Exacta, 8(3), 208–219. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v8i3.322

Hanum, C. (2008). Teknik budidaya tanaman. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Hapsari, N. I., & Rudiarto, I. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kerawanan dan ketahanan pangan dan implikasi kebijakannya di Kabupaten Rembang. Jurnal Wilayah Dan Lingkungan, 5(2), 125–140. https://doi.org/10.14710/jwl.5.2.125-140

Harahap, F. I. N. (2018). Dampak pemberdayaan masyarakat melalui program biogas dalam mewujudkan kemandirian energi. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 42–52. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i1.18634

Kurniastuti, E. R. (2010). Minat siswa pada pengajaran remedial ditinjau dari dukungan sosial keluarga dan konsep diri akademik. Unika Soegijapranata Semarang.

Machrodania, M., Yuliani, Y., & Ratnasari, E. (2015). Pemanfaatan pupuk organik cair berbahan baku kulit pisang, kulit telur dan Gracillaria Gigas terhadap pertumbuhan tanaman kedelai var Anjasmoro. Jurnal Lentera Bio. ISSN, 4(3), 168–173. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/lenterabio/article/view/13255

Maryati, M., Iryani, I., & Amelia, F. (2016). Karakterisasi plastik biodegradable Nata de Soya menggunakan Plasticizer Asam Oleat. Sainstek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(1), 65–70. https://doi.org/10.31958/js.v6i1.105

Mukminin, A. (2014). Strategi pembentukan karakter peduli lingkungan di sekolah Adiwiyata mandiri. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 19(2), 227–252. https://doi.org/10.19109/tjie.v19i02.16

Prabowo, R. (2010). Kebijakan pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia. Mediagro, 6(2), 62–73. https://doi.org/10.31942/md.v6i2.881

Rahmadina, R., & Tambunan, E. P. S. (2017). Pemanfaatan limbah cangkang telur, kulit bawang dan daun kering melalui proses sains dan teknologi sebagai alternatif penghasil produk yang ramah lingkungan. KLOROFIL: Jurnal Ilmu Biologi Dan Terapan, 1(1). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/klorofil/article/view/1575

Sahwan, M. A., Ab Rahman, M. N., & Deros, B. M. (2012). Barriers to implement lean manufacturing in Malaysian automotive industry. Jurnal Teknologi, 59(2), 107–110. https://doi.org/10.11113/jt.v59.2571

Sito, J. (2014). Pekarangan produktif & 100 % organik. https://lsmorganik.files.wordpress.com/2014/08/pekarangan-produktif.pdf

Suryani, D., Kurniawan, D., Melizan, D. S., & Putra, G. (2019). Pemberdayaan masyarakat Dusun Jaten, Mrico dan Bruno 1 untuk meningkatkan ketahanan pangan dengan pemanfaatan potensi lokal. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 39–44. https://doi.org/10.12928/jp.v3i1.608

Syaifullah, Y. (2013). Ketahanan pangan dan pola distribusi beras di propinsi jawa timur. JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 6(2), 103–111. https://doi.org/10.15294/jejak.v6i2.3881

Yulianti, D., Rida, N. S., & Diana, D. (2014). Pengembangan karakter peduli lingkungan anak usia dini melalui buku cerita bermuatan sains berwawasan konservasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(1). https://doi.org/10.15294/jpp.v31i1.5681




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v6i2.26656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats