Desain Aturan Sinus dan Aturan Cosinus Berbasis PMRI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7160Keywords:
aturan sinus dan aturan cosinus, segitiga, design research, PMRIAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas, prosedur, dan strategi serta perubahan dari Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ke Learning Trajectory (LT) dalam merumuskan aturan sinus dan cosinus melalui pembelajaran dengan pendekatan PMRI (Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia). Subjek penelitian ini adalah 38 siswa kelas X1 SMAN 6 Prabumulih. Penelitian ini terdiri atas tiga tahap, yaitu preliminary design, design experiment (pilot experiment dan teaching experiment), dan retrospective analysis. Data dikumpulkan melalui observasi kegiatan pembelajaran, wawancara, rekaman video, dan foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menggunakan segitiga sebagai starting point dalam merumuskan aturan sinus dan cosinus melalui PMRI. Perubahan dari Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ke Learning Trajectory (LT) terjadi melalui aktivitas siswa dalam mengeksplorasi segitiga dalam pembelajaran dengan pendekatan PMRI.
Kata kunci: aturan sinus dan aturan cosinus, segitiga, design research, PMRI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.