Model Fraction Circle untuk Mendorong Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Penjumlahan Pecahan

Renny Sendra Wahyuni, Darmawijoyo Darmawijoyo, Yusuf Hartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemahaman konsep siswa tentang operasi penjumlahan pecahan dengan model fraction circle melalui pembelajaran PMRI dan (2) mendeskripsikan lintasan belajar siswa dalam mempelajari konsep operasi penjumlahan pecahan menggunakan model fraction circle. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD N 146 Palembang. Metode penelitian ini adalah design research melalui tahap-tahap: preparing for the experiment, teaching experiment, dan retrospective analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model fraction circle membantu siswa memahami konsep operasi penjumlahan pecahan melalui pembelajaran PMRI. (2) Lintasan belajar yang digunakan siswa adalah menggunakan tahap informal ke tahap formal. Pada tahap informal, siswa menggunakan konteks kue manipulatif yang dipartisi menjadi beberapa bagian sama besar sehingga membentuk model fraction circle. Selanjutnya, siswa menyelesaikan masalah dengan menggunakan fraction circle sebagai model of menuju model for, yaitu membuat gambar fraction circle. Di tahap formal, siswa menyelesaikan operasi penjumlahan pecahan tanpa menggunakan model fraction circle.

Kata kunci: pecahan, fraction circle, design research, PMRI


Keywords


pecahan; fraction circle; design research; PMRI

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. ISSN 1410-1866 (print) | ISSN 2549-1458 (online)

View JPMS Stats