Pengembangan Lembar Aktivitas Mahasiswa Topik Turunan Berdasarkan Teori APOS

Yunika Lestarianingsih, Darmawijoyo Darmawijoyo, Yusuf Hartono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Aktivitas Mahasiswa topik Turunan berdasarkan teori APOS yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap pemahaman konsep matematika mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode design research tipe development study. Tahap development (pengembangan), yaitu preliminary dan formative evaluation (self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Kelas 1C Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang semester ganjil tahun akademik 2014/2015 sebanyak 38 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui walkthrough (expert reviews), dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa Lembar Aktivitas Mahasiswa yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.

Kata kunci: turunan, teori APOS, development study


Keywords


turunan; teori APOS; development study

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. ISSN 1410-1866 (print) | ISSN 2549-1458 (online)

View JPMS Stats