PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SD DI PROVINSI SULAWESI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2173Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menyusun instrumen pendidikan karakter bagi siswa SD. Un- tuk menyusun instrumen dan buku tentang pendidikan karakter, perlu dilakukan studi yang kom- prehensif tentang pendidikan karakter yang dilakukan guru di SD. Temuan ini akan membantu siswa SD untuk memiliki karakter sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Penelitian ini merupakan pe- nelitian pengembangan yang dirancang dalam dua tahap. Pada tahap satu penelitian ini untuk meng- indentifikasi pendidikan karakter yang dilakukan pada siswa SD. Penentuan lokasi penelitian diten- tukan secara purposive pada SD, baik negeri maupun swasta di wilayah provinsi Sulawesi Utara. Tek- nik pengumpulan data dengan observasi partisipasi, FGD, angket, dan wawancara. Data yang diper- oleh kemudian dianalisis dengan menggunakan kategori. Hasil penelitian tahap pertama sebagai be- rikut. (1) Pembentukan karakter siswa SD termasuk dalam 3 kategori yaitu sangat baik, baik, dan kurang baik. (2) Pada umumnya, pendidikan karakter diajarkan pada siswa tidak secara tersendiri, namun termasuk dalam mata pelajaran tertentu seperti IPS dan PKn. (3) Materi pendidikan karakter diajarkan pada siswa jika ada topik tertentu dalam mata pelajaran tersebut yang ada kaitannya. (4) Sekolah telah menerapkan aturan tertentu dan siswa harus mengikutinya seperti peraturan dan tata tertib sekolah. Kata Kunci: instrumen, pendidikan karakter, dan siswa SDDownloads
Published
2014-08-21
How to Cite
[1]
A. Katuuk, D. 2014. PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SD DI PROVINSI SULAWESI UTARA. Jurnal Pendidikan Karakter. 5, 2 (Aug. 2014). DOI:https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2173.
Issue
Section
Articles
License
- Authors certify that the work reported here has not been published before and contains no materials the publication of which would violate any copyright or other personal or proprietary right of any person or entity.
- Authors transfer or license the copyright of publishing to Jurnal Pendidikan Karakter to publish the article in any media format, to share, to disseminate, to index, and to maximize the impact of the article in any databases.
- Authors hereby agree to transfer a copyright for publishing to Jurnal Pendidikan Karakter a Publisher of the manuscript.
- Authors reserve the following:
- all proprietary rights other than copyright such as patent rights;
- the right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures;
- use for presentation in a meeting or conference and distributing copies to attendees;
- use for internal training by author's company;
- distribution to colleagues for their research use;
- use in a subsequent compilation of the author's works;
- inclusion in a thesis or dissertation;
- reuse of portions or extracts from the article in other works (with full acknowledgement of final article);
- preparation of derivative works (other than commercial purposes) (with full acknowledgement of final article); and
- voluntary posting on open web sites operated by author or author's institution for scholarly purposes, but it should follow the open access license of Creative Common CC BY-SA License.
All posts that exist in JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER is not a reflection of the attitudes and opinions of the Editorial Board of JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER. The responsibility for the contents or the result of writing still lies on the authors.
Jurnal Kependidikan by https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.