Impact of Gymnastics to Improve Motion Balance in Kindergarten Students
Downloads
Abstrak: Pembelajaran senam merupakan program latihan yang dirancang secara terstruktur untuk meningkatkan keterampilan gerak keseimbangan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran senam terhadap kemampuan keseimbangan siswa taman kanak-kanak. Sejumlah tiga puluh siswa terindentifikasi memiliki kesulitan dalam menjaga keseimbangan dipilih sebagai peserta pada kelompok ekspreimen. Peserta diberikan perlakuan melalui program pelatihan senam sebanyak 12 sesi, masing-masing berdurasi 30 menit. Tes awal (Pretest) dilakkan menggunakan tes keseimbangan satu kaki dari instrument Fundamnetal Movement Skills (FMS) selama 40 detik, dan diikuti dengan tes akhir (Posttest) setelah perlakuan. Hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan paired sample t-test dengan Tingkat signifikansi lebih dari 0.05. temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan keseimbangan, dengan rata-rata nilai meningkat dari 72.59 pada pretest menjadi 89.65 pada posttest. Hasil ini membuktikan bahwa programm senam selama 12 sesi efektif dalam meningkatkan kemampuan gerak keseimbangan siswa taman kanak-kanak. Latihan senam yang dilakukan secara berulang dan sistematis melalui kegiatan pembelajaran terbbukti memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kemampuan keseimbangan anak.
Abstract: Gymnastics learning is a structured exercise program designed to improve balance movement skills in early childhood. The purpose of this study was to determine how learning gymnastics affects kindergarten pupils' ability to balance and move. For the experimental group, thirty students with unbalanced movement were tested. Twelve sessions of 30-minute gym training were administered to the sample. A 40-second one-foot balance test indication was used to examine the treatment sample before a basic movement skill test (FMS). T-Paired was used to test pre-test and post-test results with significance > 0.05. The experimental group's ability to balance improved. The post-test score is 89.65, while the pre-test score is 72.59. It has been demonstrated that the 12-time gymnastics program helps children learn how to balance their movements. Learning gymnastics has an effect on kindergarten children' ability to improve their balance and movement skills. Repeated gymnastics exercises are helpful in helping kindergarten students improve their balance and movement skills.
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.






