Pengaruh IQ dan Percaya Diri terhadap Keterampilan Renang Gaya Dada pada Siswa Hambatan Pendengaran

IQ Kepercayaan Diri Renang

Authors

January 3, 2025
November 30, 2024

Downloads

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Intelligence Quotient (IQ) dan Kepercayaan Diri terhadap Keterampilan Renang Gaya Dada pada Peserta Didik dengan Hambatan Pendengaran di SLB Negeri Surakarta Tahun 2023. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif non eksperimental. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggambarkan hubungan antar variabel. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Negeri Surakarta yang berjumlah 9 orang. Pengambilan data pada penelitian ini digunakan instrumen berupa dokomen, test dan angket. Data IQ diambil dari dokumen dari CFIT (Culture Fair Intelligence Test data keterampilan berenang gaya dada diambil dengan test keterampilan renang gaya dada dan data rasa percaya diri diambil dengan menggunakan angket kepercayaan diri. Analisis data pada penelitian ini digunakan analisis statistik non parametrik, berupa analisis korelasi rank Spearman (Spearman's rho). Korelasi Spearman tidak memerlukan data tingkat kontinyu (interval dan rasio), karena menggunakan peringkat. Korelasi Spearman tidak mengasumsikan bahwa variabel berdistribusi secara normal. Dari hasil analisis statistik deskriptif diketahui bahwa Intelligence Quotient (IQ) pada peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Negeri Surakarta 100% berada pada kategori low average atau rata-rata rendah. Rasa percaya diri peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Negeri Surakarta berada pada kategori cukup; dan keterampilan renang gaya dada peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Negeri Surakarta berada pada kategori baik. Semakin tinggi rasa percaya diri peserta didik, semakin baik pula keterampilan renang gaya dada peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Negeri Surakarta dan sebaliknya semakin rendah rasa percaya diri peserta didik, semakin kurang baik pula keterampilan renang gaya dada peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Negeri Surakarta.