Penerapan model pembelajaran direct teaching pada belajar keterampilan passing permainan sepak bola

Direct Teaching Passing Skills Football Keterampilan Passing Sepak Bola

Authors

  • Sri Widaningsih
    wsrik.bun79@gmail.com
    Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan, Indonesia
  • Ahmad Husaeni Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan, Indonesia
  • Zam Zam Mahdani Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan, Indonesia
October 8, 2024
November 6, 2024

Downloads

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penerapan model pembelajaran direct teaching terhadap hasil keterampilan passing dalam permainan sepak bola. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest post-test, populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola dengan jumlah 27 siswa, sampel yang digunakan adalah total sampling atau seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola  di SMP Angkasa Lanud Sulaiman. Dari hasil penghitungan terlihat bahwa ada perbedaan rata-rata antara pretest dan posttest secara signifikan terhadap kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran direct teaching, dimana didapat nilai rata-rata pretest sebesar 10.4815 dan nilai rata-rata post-test 14.8519 terhadap keterampilan passing dalam permainan sepak bola. Hasil perhitungan t perbandingan perbedaan hasil pembelajaran dengan nilai t hitung 13.257 lebih besar daripada nilai t tabel dengan nilai signifikansi 0,05 sebesar 1,70562. Dengan demikian hipotesis (Ho) ditolak dan (H1) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa: model pembelajaran direct teaching efektif digunakan untuk memberikan pengaruh terhadap keterampilan passing dalam permainan sepak bola.

Abstract: The study aims to measure the effectiveness of the application of the direct teaching-learning model on the results of passing skills in football games. This study used an experimental method with a one-group pretest post-test design, the population used in this study is students who participate in football extracurriculars with a total of 27 students, the sample used is total sampling or all students who participate in football extracurriculars at SMP Angkasa Lanud Sulaiman. The result showed that there is a significant difference between the pretest and post-test for the experimental group using the direct teaching-learning model, where the average score of the pretest is 10.4815 and the average score of the post-test is 14.8519 for passing skills in the game of soccer. The results of the t-calculation of the difference in learning outcomes with a t-value of 13.257 were higher than the t-value of the table with a significance value of 0.05 of 1.70562. Thus, the hypothesis (Ho) is rejected and (H1) is accepted, it can be concluded that: the direct teaching-learning model is effectively used to influence passing skills in football games.