Pengembangan pembelajaran teknik permainan olahraga “Bola Flores” menggunakan metode drill dan flipbook
Downloads
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran teknik permainan olahraga “bola Flores” menggunakan metode drill dan flipbook pada mahasiswa Universitas Nusa Nipa. Bola Flores berbeda dengan futsal, basket, voli dan sepak bola. Penelitian ini menggunakan metode drill dengan mengikuti model pengembangan produk ADDIE. Nilai hasil uji coba kelompok kecil yaitu 92,3%, yang bermakna dapat dikategorikan sangat baik digunakan. Hasil validitas ahli media terhadap produk yang dikembangkan dengan 3 aspek menunjukkan nilai 88% - 91%, sedangkan hasil validitas ahli materi dengan 3 aspek menunjukkan presentasi 89%. Berdasarkan validasi dan uji coba yang telah dilakukan pada pengembangan flipbook teknik bermain olahraga bola Flores ini layak digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulannya yaitu bahwa pengembangan pembelajaran teknik olahraga bola Flores dapat dilakukan dengan menggunakan metode drill dan dituangkan dalam flipbook dengan model ADDIE.
Abstract: This study aimed to develop learning techniques for playing the sport of "Flores ball" using drill and flipbook methods for students at Nusa Nipa University. Flores ball is different from futsal, basketball, volleyball, and soccer. This study used the drill method by following the ADDIE product development model. The value of the small group trial results was 92.3%, which means it can be categorized as very good to use. The results of the validity of media experts on the product developed with 3 aspects showeded a value of 88% - 91%, while the results of the validity of material experts with 3 aspects show a presentation of 89%. Based on the validation and trials that have been carried out on the development of the Flores ball sport playing technique flipbook, it is suitable for use in learning. The conclusion is that the development of Flores ball sport technique learning can be done using the drill method and is poured into a flipbook with the ADDIE model.
Downloads
Artha, I. K. A. (2021). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Smash Bulutangkis Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa SMP Negeri 4 Busungbiu. 7(1), 46–55.
Hidayati, N. A. (2020). PENERAPAN METODE MIND MAP BERBASIS DRILL UNTUK Pendahuluan. 6(2), 462–468.
Masitoh, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V. 4(1), 21–27.
Rozady, M. (2012). VISUALIZATION INTRODUCTION TO THE FLORES BALL GAME (BALL HUMANITY) BASED ON MULTIMEDIA. Proceeding of Annual South East Asian .... http://repository.nusanipa.ac.id/id/eprint/2208/
Rustamana, A., Hasna Sahl, K., Ardianti, D., Hisyam, A., Solihin, S., Sultan, U., Tirtayasa, A., Raya, J., No, C., & Banten, S. (2024). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 60–69. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1014
Saraswati, W., & Hariyanto, E. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Tendangan T Menggunakan Metode Drill Pada Siswa PSHT Ranting Kandangan Cabang Kediri. 3(12), 1024–1031. https://doi.org/10.17977/um062v3i122021p1024-1031
Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. 3(5), 2819–2826.
Suardiana, I. M. (2021). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD. 5(4), 542–547.
Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON BAGI GURU SEKOLAH DASAR GUGUS 1 KOTA BOGOR Pendahuluan. 16(1), 95–105.
Sutarni, S. (2020). Meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan metode drill. 7(1).
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Riduwan. (2012). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.






