Peningkatan gerak dasar guling belakang bagi siswa Sekolah Dasar

peningkatan gerak dasar guling belakang back roll basic motion improvement

Authors

  • Rizki Yuliandra
    rizki.yuliandra@teknokrat.ac.id
    Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia
  • Eko Bagus Fahrizqi Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia
  • Imam Mahfud Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia
February 15, 2021
November 30, 2020

Downloads

Salah satu permasalahan di pembelajaran olahraga yang terjadi pada siswa sekolah dasar yaitu masih banyak siswa yang salah melakukan gerak dasar guling belakang. Hal ini yang mendasari terlaksananya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan keterampilan gerak dasar guling belakang dengan menggunakan alat bantu. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Beringin Raya Bandar Lampung. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Beringain Raya. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, dimana dari setiap siklusnya menggunakan tindakan yang berbeda-beda. Siklus yang pertama dengan penggunaan pembelajaran perbagian, dan siklus yang kedua dengan penggunaan bantuan guru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Beringin Raya Bandar Lampung yang berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data diambil melalui pengamatan keterampilan gerak dasar guling belakang yang meliputi sikap awal, pelaksanaan dan sikap akhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan terhadap keterampilan gerak dasar guling belakang pada siswa sekolah dasar melalui penggunaan alat bantu pada setiap siklusnya, adapun peningkatan pada setiap siklus adalah sebagai berikut siklus pertama sebesar 52,94 %, dan siklus kedua 82,35 %. Ini menunjukan bahwa sanya peningkatan yang terjadi sangat baik.

 

The improvements of back roll basic motion for Elementary School

 

Abstract

One of the problems in learning sports that occurs in elementary school students is that there are still many students who make the wrong back roll basic motion. This is what underlies the implementation of this research. The purpose of this study was to determine the improvement of basic rear roll movement skills using assistive devices. This research was conducted at SDN 1 Beringin Raya Bandar Lampung. The research subjects were fourth grade students of SDN 1 Beringain Raya. In this study using action research with two cycles, where each cycle uses a different action. The first cycle uses part learning, and the second cycle uses teacher assistance. The subjects of this study were 17 grade students of SD N 1 Beringin Raya Bandar Lampung. Data collection was taken through the observation of the basic back-roll movement skills which included the initial attitude, implementation and final attitude. The results of this study indicate that there is an increase in the basic motion skills of back-rolling in elementary school students through the use of assistive devices in each cycle, while the increase in each cycle is as follows in the first cycle of 52.94%, and the second cycle of 82.35%. This shows that the only improvement that has occurred is very good.