ASESMEN TEMAN SEJAWAT PADA PEMBELAJARAN KOLABORATIF PEMECAHAN MASALAH AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA

 Suratno Suratno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptabilitas dan keefektifan model Asesmen Teman Sejawat (ATS) untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah bidang Akuntansi Perusahaan Jasa. Subjek coba adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unlam. Instrumen pengumpulan data terdiri atas: (1) tiga macam tes kemampuan pemecahan masalah, (2) angket skala lajuan kemampuan kerjasama kolaboratif, (3) rubrik penilaian analitik dan (4) log dan jurnal belajar. Data dianalisis dengan GLM Repeated Measures dan statistik non-parametrik. Kesimpulan menunjukkan bahwa ATS: (1) secara signifikan lebih baik daripada model asesmen konvensional. (2) tidak selalu tepat untuk mengungkap penguasaan kemampuan pemecahan masalah yang bersifat novelty, (3) memiliki kelayakan, adaptabilitas dan keberfungsian sebagai asesmen pelengkap untuk mengubah kultur belajar-mengajar konvensional, (5) yang ideal memiliki bobot proporsi untuk dosen berkisar antara 50% - 75% dan untuk mahasiswa berkisar antara 50% - 90%, dan (6) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan kerjasama individu dan kelompok dalam belajar.

Kata kunci:      asesmen teman sejawat, pembelajaran kolaboratif, pemecahan masalah akuntansi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v13i2.1410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:


ISSN 2338-6061 (online)

Web
Analytics
View Journal Visitor Stats