PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MODIFIKASI SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN STRATEGI BERMAIN DAN KERJA SAMA

Authors

  • Ahmad Syarif
  • Sri Winarni Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.6225

Keywords:

TGFU, skill theme, sarana dan prasarana, strategi bermain, kerja sama

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan: (1) pengaruh antara metode pembelajaran TGFU dan Skill Theme terhadap peningkatan strategi bermain dan kerja sama; (2) pengaruh antara sarana dan prasarana terhadap peningkatan strategi bermain dan kerja sama, dan (3) mengetahui interaksi antara metode pembelajaran dengan sarana dan prasarana terhadap peningkatan strategi bermain dan kerja sama. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa XI IPA SMA Negeri 1 Bandongan. Sampel dalam penelitian ini 64 siswa yang diambil dengan teknik sampel acak. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran TGFU dan Skill Theme terhadap peningkatan strategi bermain dan kerja sama, adapun dalam meningkatkan strategi bermain dan kerja sama metode pembelajaran skill theme dan TGFU memberikan pengaruh dalam meningkatkan strategi bermain dan kerja sama, (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara sarana dan prasarana terhadap peningkatan strategi bermain dan kerja sama, dan (3) Ada interaksi antara metode pembelajaran TGFU dan Skill Theme dengan sarana dan prasarana terhadap peningkatan strategi bermain dan kerja sama.

Kata kunci: TGFU, skill theme, sarana dan prasarana, strategi bermain, kerja sama.

THE EFFECTS OF LEARNING METHOD AND INFRASTRUCTURE MODIFICATIONS ON THE IMPROVEMENT OF THE LEARNING ACHIEVEMENT PLAY STRATEGY AND COOPERATION.

Abstract

The purpose of this study is to reveal the differences of: (1) the effect of teaching methods and learning methods of TGFU Skill Theme on the increase in playing strategy and cooperation, (2) the effect of the modification of the conventional facilities and infrastructure and the improvement of play and collaboration strategies, and (3) the interaction between learning method (TGFU and Skill Theme) and modification of conventional facilities and infrastructure on the improvement of play and cooperation strategies. This research method was an experiment with 2 x 2 factorial design. The population was year XI students of Science class of SMAN 1 Bandongan. The research sample were 64 student taken by random sampling technique. The results of this study are as follows: (1) There is a significant difference in the effect of the learning methods of teaching games for understanding and Skill Theme learning methods on the improvement strategies and cooperative play, while the improving strategies and cooperative play theme methods of learning skills and teaching games for understanding affect the improvement of play and co-operation strategies, (2) There is a significant difference between the modification and conventional infrastructure on the improvement of play and cooperation. Modification of facilities and infrastructure is more effective in increasing the plays and collaboration strategies, and (3 ) There is an interaction between learning method (teaching games for understanding and skill theme) and modification of the conventional facilities and infrastructure and the improvement of play and cooperation strategies.

Keywords: TGFU, skill theme, facilities and infrastructure, strategic play, cooperation.

Author Biographies

Ahmad Syarif

dilahirkan pada tanggal 30 Maret 1989 di Magelang, Jawa Tengah. Menyelesaikan pendidikan Strata I program studi PJKR (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi) Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY pada tahun 2012. Pada tahun 2012 melanjutkan Program Pascasarjana UNY mengambil prodi Ilmu Keolahragaan dengan kosentrasi olah raga usia dini, lulus tahun 2014

Sri Winarni, Universitas Negeri Yogyakarta

Lektor Kepala Jurusan pendidikan Olahraga FIK UNY dengan bidang keahlian Pengembangan Kurikulum Penjas di Sekolah. Menyelesaikan pendidikan sarjana di FPOK IKIP Bandung bidang Pendidikan Olahraga pada tahun 1994. Kemudian menyelesaikan pendidikan magister SPs UPI Bandung pada tahun 2003, dan pendidikan doktor di tempat perguruan tinggi yang sama pada tahun 2012. Penulis dapat dihubungi winuny@yahoo.co.id/sri_winarni@uny.ac.id.

References

Butler. (2005). Teaching for game under-standing theory, research, and practice. Illinois: Human Kinetics.

Launder. (2001). Play practice: the games approach to teaching and coaching sports. Illinois: Human Kinetics.

Lund. (2010). Performance-based assessment for middle and high school physical education (2rd ed.). Illinois: Human Kinetics.

Putro. (2012). Teknik penyusunan instrumen pe-nelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana. (2002). Metoda statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2010). Penelitian pendidikan. Ban-dung: Alfa Beta.

Suyono. (2011). Belajar dan pembelajaran teori dan konsep dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2015-10-28

How to Cite

Syarif, A., & Winarni, S. (2015). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MODIFIKASI SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN STRATEGI BERMAIN DAN KERJA SAMA. Jurnal Keolahragaan, 3(2), 139–149. https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.6225

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.