Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Wanea

Jeanne M. Mangangantung, Universitas Negeri Manado, Indonesia
Selti Wentian, Universitas Negeri Manado, Indonesia
Widdy H.F. Rorimpandey, Universitas Negeri Manado, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di 5 Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Wanea Kota Manado dengan jumlah responden 44 siswa.  Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Probabiity Sampling.  Teknik yang dilakukan untuk mengetahui validitas tiap (item) adalah teknik korelasi product moment.  Uji reliabilitas dilakukan terhadap item-item yang sudah teruji validitasnya, Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan kreativitas guru terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Wanea.  Berdasarkan nilai t diketahui nilai t hitung 3.371> 2.019 t tabel dengan demikian variabel Kreativitas guru (X1) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (Y); (2) terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Wanea. Berdasarkan nilai t diketahui nilai t hitung 3.217> 2.019 t tabel. Dengan demikian, variabel motivasi belajar siswa (X2) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa (Y); (3) terdapat pengaruh signifikan kreativitas guru dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Wanea. Nilai korelasi hubungan  (R) sebesar 0.482 dari output tersebut diperoleh koefisien determinan (R square) sebesar 0 .232. Hal ini berarti bahwa 23.2% hasil belajar Matematika siswa dapat dijelaskan oleh variabel motivasi belajar siswa sedangkan sisanya, yaitu 76.8% dijelaskan oleh variabel-variabel lain.


Keywords


kreativitas guru; motivasi belajar; hasil belajar; matematika

Full Text:

PDF

References


Abdul Haris dan Jihad Asep. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Anwar Prabu Mangkunegoro, (2017). Manajemen Sumber Daya ManusiaPerusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Amik, Fajjin, dkk. 2016. Menuju Guru dan Siswa Cerdas. Yogyakarta: Leutikprio,2016).

Asmani, Jamal Ma’mur. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: Diva Press.

Apriliana, Lestari. (2018) Efektivitas Outdoor Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini.Skripsi. Jurusan Psikologi: Universitas Negeri Malang.

Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Aquami. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Penggunaan Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di MA Paradigma Palembang. Istinbath.

Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. 2012. Kemampuan Dasar Mengelola Mengajar. Bandung. Alfabeta

Departemen Pendidikan Nasional. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hardianto, Deni. 2012. Karakteristik Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Online. Yogyakarta: UNY

Hudaya Latuconsina. 2014. Menuju Gerenasi Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ihsana, 2017. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandar Agung . 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai konstruktivistik.Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Jamaludin, Adon Nasrullah. 2015. Sosiologi Perkotaan: Memahami Masyarakat Kota dan Problematikanya. Jakarta: Pustaka Setia.

Karso, dkk (2014), Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ngainun Naim. 2016. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Oktiani Ifni,2017.“Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik, “Jurnal Kependidikan, Vol. 5 No.2.

Pangkey D.H Richard. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD GMIM Sendangan Soder. Jurnal Forum Pendidikan Vol.2.

Permendikbud (2016.) Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendididkan.

Pentury, Jolanda, Helda. 2017.“Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pada Pelajaran Bahasa Inggris”. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Universitas Indrapasta PGRI. No. 4 th.

Ratna Wilis Dahar. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Rifa’i, Ahmad dan Catharina Tri Anni. 2015. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS.

Rohani. 2017. Meningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui BahanBekas.Jurnal Raudhah UIN Sumatra Utara 05 (02), 1” 28.

Rorimpandey H.F Widdy (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Dasar. Malang: Ahlimedia Press (anggota IKAPI:264 JTI/2020).

Sardiman, A.M. 2018. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali pers.

Shadiq, F. 2014. Pembelajaran Matematika (Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siswoyo, Dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soebinto. 2013. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Bangun Datar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Bulak Rukem I/258 Surabaya. (Internet). Diunduh pada tanggal 26 Januari 2014;1(1):3-4. Tersedia pada http://ejournal. unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/1062.

Soviawati, Evi. 2011. Pendekatan Matematika realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Juranal Universitas Pendidikan Indonesia Vol. 9 No. 2 halaman 79-85: http://jurnal.upi.edu/file/9-Evi_Soviawati-edit.pdf.( Jum’at, 30 November 2012).

Sudarman, Momon. 2013. Profesi Guru (Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sudijono, Anas. 2017. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suhada, Idad dkk. 2019. Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati, 1 – 10.

Sugiyono, 2001. Statistik Non Paramedis untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.

Sugiyono, 2009.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Susanto, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Susanto Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.

Talajan, Guntur. 2012. Menumbuhkan Kreativitas dan Prestasi Guru.Yogyakarta: LaksBan PRESSSindo.

Taufik. (2012). Empati: pendekatan psikologi sosial. Jakarta: Raja Grafindo.

Trianto.(2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Uno, B.Hamzah. 2009. Model Pembelajaran : menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, B. Hamzah.(2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi AksaraBandung PT Remaja Rosdaka Karya

Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Cet. 1. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wijaya, Cece. 1994. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar.Bandung: Kristen Satya Wacana. 3 (1), 16” 20.

Zainal Arifin. 2013. Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jeanne M. Mangangantung, Selti Wentian, Widdy H.F. Rorimpandey

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

         

View Journal Statistics