PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE INTERNALISASI KARAKTER DISIPLIN

Authors

  • Budi Lestari SMK N 2 Pengasih, Kulon Progo
  • Iin Endyah Susilowati SMK N 2 Pengasih, Kulon Progo

DOI:

https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.35148

Keywords:

action research, student discipline, learning outcomes

Abstract

ABSTRACT:

This study aimed to determine whether there was an improvement in the learning outcomes of students who learn Basic Computer Networks subject with the discipline character internalization strategy. The method used in this study was action research that was conducted in two cycles. Each cycle consisted of four stages, namely planning, acting, observing, and reflecting. The students involved in this study were X grade students of the Network Computer Techniques Department of SMK N 2 Pengasih. The data collection was done through two different instruments. The first one was the observation sheet that was used to determine the value of discipline character internalization. The second was a post-test that was used to measure the students' learning outcomes. The result showed that there was an improvement in the students' learning outcomes. It proved by the improvement of students' learning outcomes from 67.51 to 88.11 for the first and second cycle of action research, respectively. The result of observation also showed that there was an improvement in the disciplinary character of students. It was evident from the data acquisition in cycle I in which 65.7% increasing to 90% in cycle II.


ABSTRAK:

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan nilai hasil belajar siswa yang sedang belajar mata pelajaran Komputer Jaringan Dasar dengan menggunakan strategi internalisasi karakter disiplin. Metode yang diterapkan dalam melakukan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas X (sepuluh) Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK N 2 Pengasih. Proses dalam melakukan pengumpulan data dengan menggunakan dua instrumen berbeda. Instrumen pertama adalah lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui nilai internalisasi karakter disiplin. Instrumen kedua adalah post-test yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa berturut-turut dari 67,51 menjadi 88,11 pada siklus I dan II. Hasil observasi juga menunjukkan adanya peningkatan karakter disiplin siswa. Terbukti dari perolehan data pada siklus I sebesar 65,70% meningkat menjadi 90,00% pada siklus II.

References

Ahmad Rohani. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Burns, A. 1999. Collaborative action research for English language teachers. Cambridge: University Press.

Chaplin, J. P. 2005. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.

Masykur Arif Rahman. 2011. Pentingnya Disiplin Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Moenir. 2010. Masalah-Masalah dalam Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Moleong, J. L. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Pemerintah Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: P.N. Balai Pustaka.

Tulus Tu'u, 2004, Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: P.T. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

[1]
Lestari, B. and Susilowati, I.E. 2020. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE INTERNALISASI KARAKTER DISIPLIN. Jurnal Edukasi Elektro. 4, 2 (Nov. 2020), 129–140. DOI:https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.35148.