PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH DI UPT SD KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN

Authors

  • Warsilah Warsilah SD Negeri Nglengking Sleman
  • Wiwik Wijayanti Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6273

Keywords:

peran kepala sekolah, budaya sekolah, pengembangan budaya sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah  dan kendala yang dihadapi dalam mengembangkan budaya sekolah. di SD Muhammadiyah Ngijon 1 dan SD N Sumberagung UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.  Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SD Muhammadiyah Ngijon 1 dan SD N Sumberagung UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan dan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatan ketekunan, triangulasi, mengadakan membercheck, dan menggunakan bahan referensi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interactive model, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai upaya telah dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah. Upaya tersebut meliputi pemantapkan nilai dasar budaya sekolah, melakukan pembinaan terhadap warga sekolah, membuat acara-acara rutinitas, memberikan penilaian dan penghargaan, tanggap terhadap masalah eksternal dan internal, dan melaksanakan koordinasi  dan kontrol.

Downloads

Published

2015-10-23

How to Cite

Warsilah, W., & Wijayanti, W. (2015). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH DI UPT SD KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 97–113. https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6273

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)