PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH DI UPT SD KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN
Wiwik Wijayanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dan kendala yang dihadapi dalam mengembangkan budaya sekolah. di SD Muhammadiyah Ngijon 1 dan SD N Sumberagung UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SD Muhammadiyah Ngijon 1 dan SD N Sumberagung UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan dan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatan ketekunan, triangulasi, mengadakan membercheck, dan menggunakan bahan referensi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interactive model, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai upaya telah dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah. Upaya tersebut meliputi pemantapkan nilai dasar budaya sekolah, melakukan pembinaan terhadap warga sekolah, membuat acara-acara rutinitas, memberikan penilaian dan penghargaan, tanggap terhadap masalah eksternal dan internal, dan melaksanakan koordinasi dan kontrol.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
![]() | Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |