PERAN KEPALA SEKOLAH DAN PUSTAKAWAN DALAM PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SD MUHAMMADIYAH SAPEN DAN SD NEGERI GIWANGAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8199Keywords:
peran kepala sekolah, peran pustakawan, pemberdayaan perpustakaan sekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peran kepala sekolah dalam memberdayakan perpustakaan sekolah dasar, dan (2) peran pustakawan dalam memberdayakan perpustakaan sekolah dasar. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menjadikan perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen dan SD Negeri Giwangan sebagai subjek penelitian. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan mengacu pada model interaktif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan perpustakaan sekolah dasar dimulai manakala terdapat dukungan kepala sekolah dan hadirnya pustakawan penuh waktu yang profesional. Kepala sekolah berperan sebagai (1) manajer sekolah, (2) pemimpin instruksional, dan (3) agen perubahan. Pustakawan berperan sebagai (1) manajer perpustakaan, (2) ahli informasi dan penggiat literasi informasi, (3) pelaku instruksional, dan (4) kolaborator. Pemberdayaan perpustakaan dapat dilakukan dengan (1) meningkatkan partisipasi warga sekolah dalam pengembangan koleksi pustaka, (2) meningkatkan kolaborasi antara pustakawan dengan guru dalam pembelajaran, dan (3) pengembangan literasi informasi yang terintegrasi ke dalam pembelajaran.Downloads
Published
2016-04-29
How to Cite
Bagyoastuti, W. S., & Wijayanti, W. (2016). PERAN KEPALA SEKOLAH DAN PUSTAKAWAN DALAM PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SD MUHAMMADIYAH SAPEN DAN SD NEGERI GIWANGAN. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 131–145. https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8199
Issue
Section
Articles
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. However, even though the journal holds the copyright, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.