PERAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP N 3 JETIS, BANTUL

Authors

  • Wiyatno Wiyatno SMP Muhammadiyah Merauke Papua
  • Muhyadi Muhyadi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2338

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peran kompetensi kewirausahaan kepala sekolah di SMPN 3 Jetis, Bantul, tahun pelajaran 2012/2013 dilihat dari: 1) konteks, 2) input, 3) proses, dan 4) produk dari peran kompetensi kewirausahaan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan dianalisis secara deskriptif. Peran kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan dapat dilihat melalui penelitian model CIPP. Konteks untuk mengetahui relevansi kebijakan program dengan kebutuhan sekolah. Input untuk mengidentifikasi kesiapan sekolah. Proses untuk mengeta-hui pelaksanaan kegiatan sekolah. Produk untuk mengetahui seberapa besar mutu sekolah, dalam bentuk jumlah lulusan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1. Konteks baik, kare-na relevansi program sesuai dengan kebutuhan sekolah. 2. Input baik, berupa kesiapan seko-lah yang meliputi: sarana prasarana, guru, siswa, dan kepala  sekolah, untuk melaksanakan program dan sasaran yang jelas. 3. Proses pelaksanaan program baik, karena partisipasi guru, dan siswa, kualitas kegiatan belajar mengajar, dan ekstrakurikuler meningkat, dan kepala sekolah mampu mengelola semua kegiatan sekolah. 4. Produk baik, berupa: (a) prestasi akademik dalam perolehan nilai ujian nasional, (b) prestasi non-akademik, dan (c) siswa menjuarai berbagai lomba, demikian peran kompetensi kewirausahaan KS dikatakan baik dan sukses. Kata Kunci : kompetensi, kewirausahaan, kepala sekolah.

Downloads

Published

2013-04-01

How to Cite

Wiyatno, W., & Muhyadi, M. (2013). PERAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP N 3 JETIS, BANTUL. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 162–174. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2338

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)