KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TALIWAN KABUPATEN SUMBAWA BARAT

 Muhammad Nurdin, Husaini Usman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai leader, bentuk dukungan dari followers, dan situasi sekolah yang kondusif bagi kepemimpin-an Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 1 Taliwang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Subjek utamanya adalah Kepala Sekolah, satu guru putra, satu guru putri, unsur komite sekolah, satu staf tata usaha sekolah, dan security sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Pengamatan dilakukan secara terus menerus tentang aktivitas yang berlangsung di sekolah.Di dalam observasi ini, juga dilakukan pemotretan terhadap objek-objek yang mendukung kepemimpinan Kepala Sekolah. Data yang diperoleh dari Kepala Sekolah, dikroscek kembali terhadap pernyataan para subjek lainnya.Pengumpulan data dilakukan secara berulang-ulang sampai data tersebut jenuh. Data yang dianalisis menggunakan model Interaktif Milles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai leader yang diwujudkan dengan memberikan keteladanan, motivasi, dan mendukung warga sekolah untuk meningkatkan kompetensinya. 2). Bentuk dukungan dari followers bagi kepemimpinan Kepala Sekolah berupa loyalitasnya untuk menjalankan tugas dan arahan yang diberikan oleh Kepala Sekolah. 3). Bentuk dukungan dari situasi sekolah berupa lingkungan yang nyaman dan kondusif untuk mendukung keberhasiln proses pembelajaran.

Kata kunci: kepemimpinan, kepala sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, sekolah dasar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2337-7895 (print) || ISSN 2461-0550 (online)


View Journal Statistics