PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI

Authors

  • Agus Tri Susanto Prodi Manajemen Pendidikan PPs UNY
  • Muhyadi Muhyadi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v4i2.8029

Keywords:

the role of principal's, development, professional competence of teachers

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 4 Pakem Kabupaten Sleman terkait dengan peran kepala sekolah dan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi program pengembangan kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan model Miles & Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan pengembangan kompetensi profesional guru dilakukan dengan pembentukan team; (2) jenis pengembangan kompetensi profesional guru yaitu penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran; (3) melakukan evaluasi dengan membuat form/angket penilaian guru terhadap proses pembelajaran di kelas yang diisi oleh siswa; (4) peran kepala sekolah sebagai: (a) pendidik; (b) manajer; (c) administrator; (d) supervisor; (e) peran sosial (f) penggiat kewirausahaan; (g) pemimpin; dan (h) pencipta iklim.
Kata kunci: peran kepala sekolah, pengembangan, kompetensi profesional guru

THE PRINCIPAL'S ROLE IN DEVELOPING TEACHER COMPETENCY IN PUBLIC JUNIOR HIGH SCHOOL
Abstract
This study aims to describe the principal's role in developing professional competence of teachers in SMP Negeri 4 Pakem Sleman, related to the role of principal's and the planning, implementation, evaluation of teacher professional competence development program. This study used a qualitative approach, with a case study type. The research data were collected through observation, interviews and study documentation. The data analysis is model of Miles & Huberman, which includes data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. Results of the study: (1) the planning of teachers professional competence development is done by forming a team; (2) the type of teachers professional competence development is mastery the Information and Communication Technology (ICT) in learning; (3) evaluates by making a form/questionnaire assessment of the teachers in the classroom learning process which is filled by the students; (4) the principal's role as (a) educators; (b) manager; (c) administrator; (d) supervisor; (e) social role; (f) leader; (g) entrepreneur; dan (h) creator of the climate.
Keywords: the role of principal's, development, professional competence of teachers

Author Biography

Agus Tri Susanto, Prodi Manajemen Pendidikan PPs UNY

Agus Tri Susanto adalah mahasiswia S-2 Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta dan lulus tahun 2016. Lahir di Srimulyo, Lampung Tengah, 28 Agustus 1990. Tahun 2008 menempuh pendidikan jenjang S-1 di Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan dan lulus  pada tahun 2013.

References

Asmani, J.M. (2012). Tips menjadi kepala sekolah profesional. Yogyakarta: DIVA Press

Boddy, D. (2008). Management: An introduction. Harlow: Person education limited.

Bush, T., Bell, L., & Middlewood, D. (2010). The principles of educational leadership & management. London: SAGE Publications.

Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Hasibuan, M.S.P. (2006). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hoy, W.K., & Miskel, C.G. (2008). Educational administration: Theory, research, and practice. New York: McGrew-Hill.

Karwati, E., & Priansa, D.J. (2013). Kinerja dan profesionalisme kepala sekolah. Bandung: Alfabeta.

Korth, B.B., Erickson, L., & Hall, K.M. (2009). Defining teacher educator through the eyes of classroom teachers. The Professional Educator, 33 (1), 1-20

Moenir, A.S. (1987). Pendekatan manusiawi dan organisasi terhadap pembinaan kepegawaian. Jakarta: PT. Gunung Agung.

Miles, M.B., & Huberman, A.M. (1994). An expanded sourecebook qualitative data analisysis. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Mulyasa, E. (2009). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya .

Mulyasa, E. (2013). Manajemen & kepemimpinan kepala sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Neo, R.A. (2005). Employee training and development. New York : McGrew-Hill.

Pollock, K. (2008). The four pillars of innovation: An elementary school perspective. The Public Sector Innovation Journal, 13 (2), 2-20.

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14, Tahun 2005 tentang Guru dan dosen.

Rosyadi, Y., & Pardjono, P. (2015). Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di smp 1 cilawu garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124-133.

Sergiovanni, J. T. (1991). The principalship. A reflective practice perspective. London: Allyn and Bacon

Sharma, M. K., & Jain, S. (2013). Leadership management: Principles, models and theories. Journal of Management and Business Studies, 3 (3), 309-318.

Smith, S. C., & Piele, P. K (2006). School leadership. California: Corwin press A SAGE publishing company.

Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, praktik, dan riset pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2016-09-22

How to Cite

Susanto, A. T., & Muhyadi, M. (2016). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(2), 151–163. https://doi.org/10.21831/amp.v4i2.8029

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)