Langkah Strategis Perencanaan Supervisi Pendidikan Berbasis Kolaborasi
Downloads
Penelitian ini berakar dari tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi pendidikan yang sering dianggap kurang efektif dan tidak fleksibel. Langkah krusial dan penting dalam pelaksanaan tersebut ada pada perencanaan supervisi pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi urgensi dari perencanaan supervisi pendidikan, langkah-langkah strategis dalam perencanaan supervisi pendidikan, dan pendekatan yang sesuai untuk digunakan, sehingga dapat membantu guru dalam mengembangkan metode pengajaran yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review, yang bertujuan menganalisis dan menginterpretasi berbagai penelitian terdahulu terkait supervisi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan supervisi yang sistematis dan kolaboratif dapat menjadi panduan langkah awal perencanaan supervisi pendidikan yang matang oleh supervisor. Hal ini juga dapat mengatasi berbagai hambatan dan tantangan yang mungkin terjadi dalam supervisi pendidikan, seperti kurangnya dukungan bagi guru dan ketidakselarasan antara kegiatan supervisi dengan kebutuhan di lapangan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa kolaborasi antara supervisor dan guru, serta keterlibatan berbagai pihak dalam perencanaan, sangat penting untuk menciptakan supervisi yang efektif dan berdampak positif bagi peningkatan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran.
Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., Fani, B. I., Nihayati, C. W. N. W., Daniswara, D. A., Susanti, D. F., Imron, A., & Rochmawati, R. (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 179. https://doi.org/10.25157/wa.v9i2.7639
Alfian, Wiyono, B. B., Imron, A., Arifin, I., & Syafiq Humaisi, M. (2019). Development of the supervision model based on clinical approach to increase managerial competence of school principal. Universal Journal of Educational Research, 7(11), 2472–2481. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071126
Asmadi, I., Romansyah, R., Farid, M., Ilyas, A. A. A. R. M., Habaib, M., & Yoseptry, R. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SMA Terpadu Riyadlul Ulum). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 819–825. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1372
Asrowi, A. (2021). Perencanaan Dan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Serta Ugensinya. E-Jurnal Aksioma Al-Asas, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.55171/jaa.v2i1.602
Aziz, H. A., Gunawan, A., & Bachtiar, M. (2023). Supervisi Program Pendidikan Kepala Madrasah Pada Profesionalisme Guru Di MA Al-Jauharotunnaqiyyah Palas Cilegon. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 15(1), 139–167. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v15i1.848
Bjí¸rndal, C., Mathisen, P., Wennergren, A. C., & Thornberg, F. (2024). Challenges of the supervision process in the teacher education practicum – A qualitative research review. Teaching and Teacher Education, 146(June 2021). https://doi.org/10.1016/j.tate.2024.104619
Blackwell, W. (2018). Wiley Handbooks in Education.
Clarke, F. R. (2020). Educational supervision in obstetrics and gynaecology. Obstetrics, Gynaecology and Reproductive Medicine, 30(7), 225–227. https://doi.org/10.1016/j.ogrm.2020.03.007
Cooper, H. M. (1988). Organizing knowledge syntheses: A taxonomy of literature reviews. Knowledge in Society, 1(1), 104–126. https://doi.org/10.1007/BF03177550
Ekawaty, A. E., Satori, D., Triatna, C., & Herawan, E. (2024). Academic Supervision In Improving The Quality Of Education Through Teacher Competency And Performance Intervention At Junior School Level In Bireuen District. Educational Administration: Theory and Practice, 30(4), 7791–7796. https://doi.org/10.53555/kuey.v30i4.2640
Fathih, M. A. (2022). Meninjau Kembali Prinsip dan Perencanaan Supervisi Pendidikan Sebagai Pengawasan dalam Pendidikan yang Bersifat Pembinaan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 142–157. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i2.384
Fiandi, A. (2023). Perencanaan Kegiatan Pengawasan Dan Supervisi Pendidikan Islam. Global and Multidisciplinary, Volume 1 I(November), 640–647.
Gallo-Fox, J., & Scantlebury, K. (2016). Coteaching as professional development for cooperating teachers. Teaching and Teacher Education, 60, 191–202. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.08.007
Gunawan, A., Nurazizah, S., & Wulandari, I. G. (2023). Perencanaan Supervisi Pembelajaran. PENAS : Jurnal Studi Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 140–146. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/191/supervisi-pembelajaran-dan-pengembangan-kapasitas-guru-memberdayakan-pengawas-sebagai-gurunya-guru.pdf#page=71
Herman, H., & Khalaf, O. I. (2019). Evidence from School Principals: Academic Supervision Decision- making on Improving Teacher Performance in Indonesia. ΑΔΣ Advances in Decision Sciences, 23(December).
Irawan, S., Tagela, U., & Windrawanto, Y. (2020). Hubungan akreditasi sekolah dan supervisi oleh kepala sekolah dengan kualitas sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 165–174. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.33905
Kitchenham, B. A., & Charters, S. (2007). Guidelines for performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering. In School of Computer Science and Mathematics (Vol. 126, Issue 5). https://doi.org/10.1541/ieejias.126.589
Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 1–23.
Loughland, T., Bostwick, K. C. P., Nguyen, H. T. M., & Durksen, T. L. (2021). Looking to GROW: The absence of goal setting in post-lesson mentoring conversations on work-integrated learning placements. International Journal of Work-Integrated Learning, 22(4), 475–487.
Marey, R., Hesham, G., Magdd, A., & Toprak, M. (2020). Re-conceptualizing teacher evaluation and supervision in the light of educational reforms in Egypt. Social Sciences and Humanities Open, 2(1), 100081. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2020.100081
Masaong, A. K. (2013). Supervisi pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru.
Masrul, M. (2023). Optimalisasi Supervisi Akademik dapat Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran di SMPN 6 Muntok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 Masrul. Jurnal Ilmiah Wahana Pendiidkan, 9(5), 335–346. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7749930
Mathisen, P., & Bjí¸rndal, C. (2016). Tablets as a digital tool in supervision of student teachers' practical training. Nordic Journal of Digital Literacy, 2016(4), 227–247. https://doi.org/10.18261/issn.1891-943x-2016-04-02
Mogea, T. (2019). Educational Supervison: Theories and Practices.
Muhajirah, B., Rahman, D., & Nursita, L. (2023). Problematika Dalam Pelaksanaan Supervisi Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 3(1), 84–96.
Mukni'ah, Imron Fauzi, Choerul Fajar, M., Ma'sum, U. A. D. D. R., Muhammad Imam Ghozali, A. F., Bidayatul Hidayah, M. Ilmil Zawawi, M., Maghfiroh, Nur Aqidatul Izzah, M. R., Agus Hibatullah, Evi Maghfiroh, T. K., & Pratama, D. N. (2016). Supervisi Pendidikan Sebuah Inovasi Pengembangan Profesionalisme Guru. In Correspondencias & Análisis (Issue 15018).
Nisa, K. (2023). Validasi Instrumen Supervisi Akademik Digital dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Menggunakan Teknologi Digital. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 11(2), 44–52. https://doi.org/10.21831/jamp.v11i2.64372
Olmstead, K., Ashton, J. R., & Wilkens, C. P. (2020). Do You Really Want to Do This? Teacher Candidate Perspectives on Imperfect Placements. Teacher Education Quarterly, 47(4), 56–77. https://login.ezproxy.lib.purdue.edu/login?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1272250&site=ehost-live
Riyanto, M., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., Susanto, E., & Anggereni, D. T. (2021). Manajemen Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Perencanaan, Implementasi, Penilaian dan Tindak Lanjut Supervisi Akademik. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(1), 21–30. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i1.2144
Sasoko, D. M. (2022). Pentingnya Perencanaan Dalam Upaya Pencapaian Tujuan Yang Efektif Dan Efisien. Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif, 21(August), 1–23.
Shepia, A., Amin, M. F., Husna, A., Andhira, M. I., & Syahira, N. (2022). Implementation of Supervision and Quality Assurance Management in Modern Madrasahs. Jurna; Al-Tabyin, 3(2).
Sinaga, K. (2017). Penerapan Standar Operasional Prosedur Dalam Mewujudkan Pekerjaan Yang Efektif Danefisien Pada Bidang Kepemudaan Di Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Publik Reform, 11(2), 4.
Sukatin. (2016). Manajemen supervisi dalam pendidikan. Pendidikan Islam, 5(2), 221–240. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2264324
Syofian, S., Waruwu, M., & Enawaty, H. E. (2024). Implementasi Supervisi Pendidikan di Sekolah Dasar dan Dampaknya terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1777–1787.
Tangen, J. L., DiAnne Borders, L., & Fickling, M. J. (2019). The Supervision Guide: Informed by Theory, Ready for Practice. International Journal for the Advancement of Counselling, 41(2), 240–251. https://doi.org/10.1007/s10447-018-09371-5
Usman, H., Mudhofir, M., & Gusmian, I. (2023). The Important Role of Academic Supervision in Improving the Quality of Education. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 704–716. https://doi.org/10.56457/jimk.v11i2.459
Utomo, Slamet, A., Raharjo, T. J., & Prihatin, T. (2020). Implementation of Managerial Supervision by School Supervisor in Kendal Regency. 443(Iset 2019), 652–655. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200620.133
Wuryandini, E., & Abdullah, G. (2023). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Motivasi Kerja Guru. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1375–1382.
Yandri, Y. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Muara Olahraga, 3(2), 56–64.
Yuliana, L., & Ernawati, R. D. (2022). Pelaksanaan observasi supervisi klinis pada masa pandemi covid-19 di sekolah menengah pertama. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(2), 162–170. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i2.46116
Zulfakar, Z., Lian, B., & Fitria, H. (2020). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 230. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3833
Copyright (c) 2025 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. However, even though the journal holds the copyright, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.