Kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik

Rahmad Rafid, Agus Tinus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan mutu Tenaga Pendidik, faktor yang mempengaruhi dan upaya yang dilakukan kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan naturalistik kualitatif dengan jenis deksriptif yang bertempat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Latambaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Kinerja Kepala Sekolah secara umum sudah menunjukan kinerja yang baik dan optimal serta memenuhi standar dan indikator yang telah ditetapkan. Hal ini dijelaskan dalam “rencana kerja sekolah (RKS)” sebagai perencanaan Kepala Sekolah dalam menjalankan program kerja dan meningkatkan tenaga pendidik di sekolah. 2) Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik diantaranya kondisi geografis sekolah, tenaga pendidik yang mengajar tidak sesuai latar belakang pendidikan, dan lingkungan yang kondusif. 3) Kepala Sekolah telah melakukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan mutu Tenaga Pendidik melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan dan program sekolah seperti supervisi, musyawarah guru matapelajaran (MGMP), evaluasi diri (EDS), In House Training (IHT) dan kegiatan kewirausahaan yang diperuntukan bagi tenaga pendidik dan siswa. Berdasarkan pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah telah melakukan tugasnya secara optimal dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik melalui kegiatan-kegiatan penunjang peningkatan mutu tenaga pendidik dan berdasarkan pada standar nasional pendidikan.

 

Kata kunci: Kinerja kepala sekolah, mutu pendidikan, tenaga pendidik


Performance of school heads in increasing education quality


Abstract

This study aims to determine the performance of school principals in improving the quality of Educators, influencing factors and efforts made by school principals. This study uses a qualitative naturalistic approach with descriptive types which are located in Latambaga 1 Senior High School, Kolaka Regency, Southeast Sulawesi by using observation, interview and documentation data collection techniques. The results showed that: 1). Principal's performance in general has shown good and optimal performance and meets established standards and indicators. This is explained in the "school work plan (RKS)" as the Principal's plan for carrying out work programs and increasing teaching staff in schools. 2) There are several factors that affect the performance of school principals in improving the quality of teaching staff including the geographical condition of the school, teaching staff who teach not according to their educational background, and a conducive environment. 3) The School Principal has made efforts that can improve the quality of Educators through empowerment activities and school programs such as supervision, teachers' lesson meetings (MGMP), self-evaluation (EDS), In House Training (IHT) and entrepreneurial activities intended for educators and students. Based on the results of the study it can be concluded that the principal has performed his duties optimally in improving the quality of teaching staff through supporting activities to improve the quality of teaching staff and based on national education standards.


Keywords: Principal performance, education quality, educators


Keywords


Kinerja kepala sekolah; mutu pendidikan; tenaga pendidik; principal performance; education quality; educators

References


Abdul Hadis, N. (2014). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Abdullah, A. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan . Yogyakarta: Aswaja Press Indonesia.

Alwildayanto, A. (2014). Kepemimpinan Pendidikan dalam Pengembangan Budaya Mutu (Principal Leadership Quality Culture). Yogyakarta: DeePublish.

Elger, D. (2007). Theory of Performance. Faculty Develpment Series.

Hermawan, B. (2017). Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kumai.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). An Expanded Sourcebook Qualitative Data Analysis Second Edition.

Moeheriono, M. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nagoba, B. S., & Mantri, S. B. (2015). Role of Teachers in Quality Enhancement in Higher Education, 4(1), 177–182.

Nurhayati, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru dan Ketersediaan Sarana Prasarana Sekolah terhadap Kinerja Guru Ekonomi Akuntansi, 6, 1–14.

Nurmawati, N. K. Y., & Mandra, I. W. (2018). Peranan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu dan kompetensi guru agama Hindu di Sekolah dasar, 4.

Pramono, H. (2012). Pengaruh Sistem Pembinaan Sarana Prasarana dan Pendidikan Latihan terhadap Kompetensi Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kota Semarang, 29, 7–16.

Ramdhani, N., Ancok, D., Swasono, Y., & Suryanto, P. (2012). Teacher Quality Improvement Program : Empowering teachers to increasing a quality of Indonesian ’ s education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69(Iceepsy), 1836–1841. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.134

Rosita, R. (2016). Usaha Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam ( Studi Kasus di MTS AL-INAYAH Bandung ). Tarbawy, 3, 75–89.

Sallis, E. (2011). Total Quality Management In Education : Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta

Wahjosumidjo, W. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teori dan Permasalahannya . Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.28012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2337-7895 (print) || ISSN 2461-0550 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J.AMP Stats