Editorial Policies

Focus and Scope

EFISIENSI - Kajian Ilmu Administrasi adalah jurnal ilmiah dari hasil penelitian dan/atau kajian pustaka dalam bidang ilmu administrasi baik bidang kependidikan maupun bidang ilmu administrasi murni dengan fokus dan ruang lingkup pembahasan tentang:

  1. Pendidikan Vokasi Administrasi Perkantoran
  2. Teknologi Informasi Bidang Perkantoran
  3. Manajemen Sumber Daya Perkantoran
  4. Administrasi/Manajemen Perkantoran
  5. Otomatisasi Perkantoran
  6. Teknologi Perkantoran
  7. Hubungan Masyarakat
  8. Simulasi Perkantoran
  9. Manajemen Event
  10. Pelayanan Prima
  11. Kesekretarisan
  12. Korespondensi
  13. Komunikasi
  14. Organisasi
  15. Kearsipan

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Semua naskah yang masuk akan diseleksi oleh pemimpin redaksi dan dewan editor. Bagi naskah yang memenuhi syarat akan dikirim ke peninjau (reviewer) untuk ditelaah kelayakan naskah baik dilihat dari segi keilmuan maupun tata tulis. Peer review dilakukan secara double blind review guna menjaga objektivitas penilaian kelayakan naskah. Reviewer diberikan kesempatan untuk memutuskan dalam 4 kategori yaitu diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi ringan, diterima dengan revisi berat, dan ditolak. Semua naskah yang diterima akan diproses editing dan diterbitkan.

 

Publication Frequency

Jurnal EFISIENSI - Kajian Ilmu Administrasi diterbitkan satu tahun dua kali yaitu pada bulan Februari dan Agustus.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa penelitian tersedia secara bebas untuk publik guna mendukung pertukaran pengetahuan dan kajian ilmu utamanya dalam bidang ilmu administrasi.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Ethic

Pada bagian etika publikasi ini berisi informasi dan pernyataan etika untuk setiap bagian yang terkait dengan penerbitan jurnal EFISIENSI - Kajian Ilmu Administrasi. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Pernyataan ini diadaptasi dari prinsip-prinsip Komite Etika Publikasi (COPE) dan mencakup kode etik untuk pemimpin redaksi, anggota dewan redaksi, pengulas dan penulis. 

 

Tugas Pokok dan Fungsi Pemimpin Redaksi (Chief Editor):

  1. Mengevaluasi naskah yang masuk/dikirim secara adil berdasarkan intelektual atau kepakaran penulis.
  2. Memastikan kerahasiaan naskah dan tidak mengungkapkan informasi mengenai isi naskah kepada siapa pun selain orang yang terlibat dalam proses penerbitan.
  3. Bertanggung jawab untuk memutuskan kapan dan artikel mana yang akan diterbitkan.
  4. Secara aktif mencari pandangan anggota dewan, pengulas dan penulis tentang cara meningkatkan citra dan visibilitas jurnal.
  5. Memberikan instruksi kepada kontributor potensial pada proses pengiriman dan apa yang diharapkan dari penulis.
  6. Memastikan pengulas yang tepat dipilih/diidentifikasi untuk proses peninjauan naskah.


Tugas Pokok dan Fungsi Anggota Redaksi (Editor Board):

  1. Secara aktif berkontribusi pada pengembangan jurnal.
  2. Bertindak sebagai duta jurnal dengan terus mendukung dan mempromosikan jurnal.
  3. Mengerjakan pekerjaan yang ditugaskan.


Tugas Pokok dan Fungsi Pemimpin Pengulas (Reviewer):

  1. Mempelajari gaya selingkung atau panduan penulisan naskah jurnal EFISIENSI - Kajian Ilmu Administrasi dengan cermat.
  2. Menyampaikan kepada pengelola jurnal (ketua/anggota redaksi) terkait dengan minat dan kepakaran keilmuan sebelum menyetujui menjadi peninjau naskah kiriman.
  3. Mempelajari judul dan abstrak naskah kiriman sebelum menyetujui untuk meninjau kiriman.
  4. Mempunyai hak untuk menolak meninjau naskah yang dikirimkan karena konflik kepentingan atau pengetahuan yang tidak memadai.
  5. Wajib melakukan tinjau semua teks dalam naskah secara objektif, adil, dan profesional.
  6. Wajib mengungkapkan atau menyampaikan secara tertulis semua kesalahan yang ditemui saat meninjau ke Pemimpin Redaksi untuk tindakan lebih lanjut.
  7. Harus memastikan keaslian naskah dan waspada terhadap segala plagiarisme dan publikasi yang berlebihan.
  8. Tidak diperkenankan membahas konten kiriman tanpa izin.
  9. Mematuhi batas waktu yang dialokasikan untuk proses peninjauan. 
  10. Apabila dibutuhkan waktu perpanjangan untuk meninjau naskah dikarenakan membutuhkan ketelitian yang lebih maka harus seizin dan menjadi kebijakan Kepala Editor.
  11. Mengirimkan naskah hasil tunjauan sesuai dengan prosedur online yang telah ditentukan.


Tugas Pokok dan Fungsi Penulis (Author):

  1. Wajib mengirimkan naskah baru yang belum pernah dipublikasikan pada jurnal lain.
  2. Naskah yang dikirimkan merupakan hasil karya/penelitian sendiri atau kelompok.
  3. Tidak diperkenankan mereproduksi, memodifikasi, mengambil sebagian karya yang sebelumnya telah diterbitkan di jurnal lain.
  4. Tidak diperkenankan mengirimkan naskah yang sedang ditinjau atau dipertimbangkan oleh jurnal lain secara bersamaan.
  5. Diizinkan untuk menerbitkan atau mengirimkan karya/naskah yang dikirim ke jurnal EFISIENSI - Kajian Ilmu Administrasi ke jurnal lain setelah menerima penolakan resmi atau mengirimkan surat resmi permintaan untuk menarik karya dan diizinkan oleh pemimpin redaksi jurnal.
  6. Harus memberi tahu Pemimpin Redaksi atau penerbit tentang segala ketidakakuratan data dalam karya mereka yang diterbitkan sehingga koreksi atau pencabutan artikel dapat dilakukan.
  7. Harus memberikan kontribusi signifikan dan bertanggung jawab atas segala kekurangan dalam pekerjaan mereka.


 

Call for Paper

Pengelola Jurnal EFISIENSI - Kajian Ilmu Administrasi mengundang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari untuk mengirimkan naskah asli dan tidak diterbitkan pada jurnal lain dengan fokus dan ruang lingkup yang terkait atau relevan dengan fokus dan ruang lingkup jurnal ini.

Klik disini untuk mengirim naskah Anda. Kami tunggu hingga 1 Juni 2019