Design of trainer kit as a fault-finding based on electricity and electronics learning media
Mochamad Bruri Triyono, (Scopus ID: 57201260800) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ta'ali Ta'ali, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Hendra Hidayat, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Veva Nellone Syahputeri, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116
Anshary, I., & Edidas, E. (2018). Pengembangan trainer mikrokontroler sebagai media pembelajaran dengan metode fault-finding. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 6(2), 80–84. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v6i2.102123
Anwar, M. (2016). Buku panduan model pembelajaran berpikir orde tinggi pada bidang keahlian elektronika. Universitas Negeri Yogyakarta.
Arsyad, A. (2010). Media pembelajaran. RajaGrafindo Persada.
Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. (2011). Tingkat pengangguran terbuka lulusan SMK paling tinggi. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/06/tingkat-pengangguran-terbuka-lulusan-smk-paling-tinggi
Boylestad, R. L., & Nashelsky, L. (1996). Electronic devices and circuit theory. Prentice Hall. http://www.rtna.ac.th/departments/elect/Data/EE306/Electronic Devices and Circuit Theory.pdf
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan reliabilitas penelitian: Dilengkapi analisis denan NVIVO, SPSS, dan AMOS. Penerbit Mitra Wacana Media. https://core.ac.uk/download/pdf/187725992.pdf
Cathey, J. J. (2002). Theory and problems of electronic devices and circuits (2nd ed.). McGraw-Hill. https://doi.org/0-07-139830-9
Daryanto, D. (2016). Media pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran (2nd ed.). Gava Media.
Electronics Tutorials. (n.d.-a). 555 circuits part 1. Electronics-Tutorials.Ws. Retrieved July 26, 2021, from https://www.electronics-tutorials.ws/waveforms/555-circuits-part-1.html
Electronics Tutorials. (n.d.-b). Full wave rectifier. Electronics-Tutorials.Ws. Retrieved July 26, 2021, from https://www.electronics-tutorials.ws/diode/diode_6.html
Electronics Tutorials. (n.d.-c). Wheatstone bridge. Electronics-Tutorials.Ws. Retrieved July 26, 2021, from https://www.electronics-tutorials.ws/blog/wheatstone-bridge.html
Griffin, P., McGaw, B., & Care, E. (2012). Assessment and teaching of 21st century skills. Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5
Hamid, M. A., Aribowo, D., & Desmira, D. (2017). Development of learning modules of basic electronics-based problem solving in Vocational Secondary School. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(2), 149–157. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i2.12986
Hapnita, W. (2018). Faktor internal dan eksternal yang dominan mempengaruhi hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas XI teknik gambar bangunan SMK N 1 Padang tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1), 2175–2182. https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941
Hariyanto, H., Aribowo, D., & Fatkhurrokhman, M. (2020). Pengembangan media pembelajaran trainer kit pengendali motor 3 phase pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMKN 4 Kota Serang. JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN KEILMUAN (JPFK), 5(1), 1–7. https://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6223
Irianto, D. (2017). Industry 4.0: The challanges of tomorrow. Seminar Nasional Teknik Industri (SNTI) Dan Seminar Nasional Terpadu Keilmuan Teknik Industri (SATELIT) 2017, 4–6. http://k8bksti.ub.ac.id/wp-content/uploads/2017/10/Keynote-Speaker-Dradjad-Irianto.pdf
Keddie, R. (2008). DG3J 35: Electronic fault finding. Scottish Qualifications Authority. https://studylib.net/doc/18794476/dg3j-35-electronic-fault-finding
Kurniawan, A., Mukhadis, A., & Widiyanti, W. (2019). 21st century skills sebagai upaya pengembangan kapabilitas siswa SMK di Fourth Industrial Revolution Era. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 857–862. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12614
Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif. Indonesian Journal of Science and Technology, 4(2), 156–162. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran: Manual dan digital (2nd ed.). Ghalia Indonesia.
Marpanaji, E., Wulandari, B., Mahali, M. I., & Fajaryati, N. (2017). Trainer PID controller sebagai media pembelajaran praktik sistem kendali. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 27–40. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16369
Narulita, R., Jaya, I., & Taboer, M. A. (2021). Pengembangan media puzzle berseri untuk membantu meningkatkan kemampuan menggosok gigi pada anak autis kelas dasar. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 24–35. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i1.565
Nizar, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran trainer kit sensor dan aktuator untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada pelajaran teknik mikrokontroler di SMK YPT 1 Purbalingga [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/46133/
Nuri, N., & Rusilowati, A. (2018). Pembelajaran berbasis produksi sebagai upaya peningkatan keterampilan produktifitas siswa SMK. Physics Communication, 2(1), 46–51. https://doi.org/10.15294/physcomm.v2i1.11338
Pain, R. (1996). Practical electronic fault-finding and troubleshooting. Newnes.
Rauner, F., & Maclean, R. (2008). Handbook of technical and vocational education and training research. Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-8347-1
Rivai, A., & Sudjana, N. (2011). Media pengajaran. Sinar Baru Algesindo.
Rizaldi, N. I. N., Putri, A. S., Calisa, T. R., & Hikmawan, R. (2021). Apakah model pembelajaran problem-based learning efektif diterapkan pada pendidikan kejuruan abad 21? Integrated : Journal Of Information Technology and Vocational Education, 3(1), 23–31. https://ejournal.upi.edu/index.php/integrated/article/view/32735
Rustandi, A., Asyril, A., & Hikma, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi Airlangga tahun ajaran 2020/2021. Media Bina Ilmiah, 15(2), 4085–4092. https://doi.org/10.33758/mbi.v15i2.880
Sa’adah, L. (2021). Metode penelitian ekonomi dan bisnis (Z. Zulfikar (ed.)). Penerbit LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Sani, R. A. (2016). Penilaian autentik. Bumi Aksara. http://digilib.unimed.ac.id/23839/1/Cover%2C Kata Pengantar%2C Daftar Isi.pdf
Setyo, M. (2016). Prinsip dan langkah-langkah penetapan KKM. Panduanmengajar.Blogspot.Com. https://panduanmengajar.blogspot.com/2016/01/prinsip-dan-langkah-langkah-penetapan.html
Setyosari, P. (2014). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) : Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Sudira, P. (2013). Praksis pendidikan kejuruan Indonesia di antara mazab John Dewey dan Charles Prosser. Seminar Nasional Pendidikan Vokasi 2013, 197–206. http://eprints.uad.ac.id/2824/1/SNPV.pdf
Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian dan pengembangan untuk bidang pendidikan, manajemen, sosial, teknik: Research and development/R&D. Alfabeta.
Sukir, S., Soenarto, S., & Soeharto, S. (2017). Developing conveyor trainer kit for programmable logic controllers in practical learning. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(3), 329–339. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i3.15352
Sukmadinata, N. S. (2008). Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Syech, R., Abdi, R., & Tambunan, W. (2016). Penentuan konduktivitas listrik air Sungai Batang Lubuh dengan menggunakan metode jembatan Wheatstone. Jurnal APTEK, 8(2), 92–101. https://doi.org/10.30606/aptk.v8i2.855
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
The United States Office of Personnel Management. (2013). All professional engineering positions, 0800. The United States Office of Personnel Management. https://www.opm.gov/policy-data-oversight/classification-qualifications/general-schedule-qualification-standards/0800/files/all-professional-engineering-positions-0800.pdf
Tooley, M., & Tooley, M. H. (2002). Electronic circuits: Fundamentals and applications. Taylor & Francis. https://books.google.co.id/books?id=CbFjeSBoKYUC
Wagner, T. (2008). The global achievement gap: Why even our best schools don’t teach the new survival skills our children deed and what we can do about it. Basic Books.
Wahono, S. J., & Sukir, S. (2020). Pengembangan trainer kit instalasi penerangan listrik dengan pelengkap sensor di SMK Negeri 1 Sedayu. Jurnal Edukasi Elektro, 4(2), 158–164. https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.35829
Wening, S. (2017). Revitalisasi pendidikan vokasi melalui inovasi sistem penilaian berbasis kecakapan abad ke-21. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana FT UNY, 12(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/33341
Yayuk, S., & Sugiyono, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan biaya pendidikan terhadap kualitas proses belajar mengajar dan dampaknya dengan kompetensi lulusan SMK di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.23758
DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v11i2.43742
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by: