REVITALISASI PENDIDIKAN VOKASI MELALUI INOVASI SISTEM PENILAIAN BERBASIS KECAKAPAN ABAD KE-21

Sri Wening, , Indonesia

Abstract


Tujuan pendidikan vokasi/kejuruan di SMK adalah untuk mempersiapkan generasi mendatang yang memiliki kapabilitas dan daya saing tinggi dalam menghadapi tantangan persaingan kerja global. Oleh karena itu, lulusan pendidikan kejuruan harus dapat mengisi formasi kerja jangan hanya menghasilkan pengangguran. Untuk itu perlu revitalisasi pendidikan kejuruan secara menyeluruh, seperti yang tertuang melalui Inpres Nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK untuk peningkatan daya saing sumber daya manusia Indonesia. Termasuk di dalamnya melakukan inovasi pembelajaran dalam proses pembentukan kompetensi peserta didik berorientasi pada kecakapan pembelajaran abad ke -21, dengan mengembangkan proses pembelajaran yang menekankan kepada higher order thinking skill, berbasis pada teknologi digital, teknologi informasi dan komunikasi dan penguatan pendidikan karakter dengan kurikulum yang telah diselaraskan dengan kebutuhan kompetensi dunia kerja. Oleh karena itu pada inovasi pembelajarn perlu menerapkan sistem penilaian yang dapat mendorong peserta didik memiliki keterampilan communication skill, critical thingking, creativity dan colaboration dalam memecahkan masalah. Berdasarkan hal ini, maka sistem penilaian yang diterapkan dalam pembelajaran perlu memperhatikan bagaimana cara penilaian dan evaluasinya, cara mengembangkan instrumen (tes dan non tes) yang digunakan, dan cara mengukurnya. Penilaian dan pembelajaran tidak dapat dipisahkan, karena keduanya menyatu. Pembelajaran yang berkualitas dapat dilihat dari kualitas penilaian yang dilakukan, demikian sebaliknya kualitas penilaian yang diterapkan dapat menunjukkan bagaimana kualitas pembelajarannya. Oleh karena itu, pada makalah ini akan memberikan pemikiran tentang sistem penilaian berbasis kecakapan abad ke-21.

Kata kunci: Revitalisasi, sistem penilaian, kecakapan abad ke- 21.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.