Pengaruh IQ dan Percaya Diri terhadap Keterampilan Renang Gaya Dada pada Siswa Hambatan Pendengaran

Tri Winarti, Universitas Sebelas Maret
Fadilah Umar, Universitas Sebelas Maret
Yuyun Ari Wibowo, Universitas Negeri Yogyakarta
Djoko Nugroho, Universitas Sebelas Maret
Fatkhur Rozi, Universitas Islam Negeri Salatiga
Anisa Nur Nugrahaningtyas, Universitas Sebelas Maret
Khalil Junan Difa', Universitas Sebelas Maret

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Intelligence Quotient (IQ) dan Kepercayaan Diri terhadap Keterampilan Renang Gaya Dada pada Peserta Didik dengan Hambatan Pendengaran di SLB Negeri Surakarta Tahun 2023. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif non eksperimental. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggambarkan hubungan antar variabel. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Negeri Surakarta yang berjumlah 9 orang. Pengambilan data pada penelitian ini digunakan instrumen berupa dokomen, test dan angket. Data IQ diambil dari dokumen dari CFIT (Culture Fair Intelligence Test data keterampilan berenang gaya dada diambil dengan test keterampilan renang gaya dada dan data rasa percaya diri diambil dengan menggunakan angket kepercayaan diri. Analisis data pada penelitian ini digunakan analisis statistik non parametrik, berupa analisis korelasi rank Spearman (Spearman’s rho). Korelasi Spearman tidak memerlukan data tingkat kontinyu (interval dan rasio), karena menggunakan peringkat. Korelasi Spearman tidak mengasumsikan bahwa variabel berdistribusi secara normal. Dari hasil analisis statistik deskriptif diketahui bahwa Intelligence Quotient (IQ) pada peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Negeri Surakarta 100% berada pada kategori low average atau rata-rata rendah. Rasa percaya diri peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Negeri Surakarta berada pada kategori cukup; dan keterampilan renang gaya dada peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Negeri Surakarta berada pada kategori baik. Semakin tinggi rasa percaya diri peserta didik, semakin baik pula keterampilan renang gaya dada peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Negeri Surakarta dan sebaliknya semakin rendah rasa percaya diri peserta didik, semakin kurang baik pula keterampilan renang gaya dada peserta didik dengan hambatan pendengaran di SLB Negeri Surakarta.

Keywords


IQ, Kepercayaan Diri, Renang

Full Text:

PDF

References


Andayani, B., & Afiatin, T. (1996). Konsep Diri, Harga Diri, dan Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Psikologi, 23(1996)

Bodnar, I., Pavlova, I., & Khamade, A. (2020). Physical education of children with autism spectrum disorders : a systematic review of structure and effects of interventional programs. 28(4), 61–70.

Boughattas, W., Ben, M., & Moella, N. (2022). SSM - Mental Health Mental training for young athlete : A case of study of NLP practice. SSM - Mental Health, 2(February), 100076. https://doi.org/10.1016/j.ssmmh.2022.100076

Castelo, G., Silva, B., Carlos, A., Cortez, L., Roberto, J., Júnior, N., Thamires, C., Granja, L., Francisco, E., Conde, Q., & Melo, G. F. De. (2019). Acta Scientiarum Analysis of pre-competitive anxiety of Brazilian young swimmers. 2, 1–7. https://doi.org/10.4025/actascihealthsci.v41i1.45475

Chortane, O. G., Amara, S., Barbosa, T. M., Hammami, R., Khalifa, R., Chortane, S. G., & Tillaar, R. Van Den. (2022). Effect of High-Volume Training on Psychological State and Performance in Competitive Swimmers.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1-5.

Irani, R., & Pogo, T. (2018). Pengaruh Intelligence Quotient (IQ) dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Siswa Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderator. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 02(Gambar 1), 18.

Ita, S., Kardi, I. P. A. S., Hasan, B., & Nurhidayah, D. (2022). Original Article Level of motivation , self-confidence , anxiety control , mental preparation , team cohesiveness and concentration of elite and non-elite athletes. 22(12), 3177–3182. https://doi.org/10.7752/jpes.2022.12403

Kusuma, H., & Kristiyanto, A. (2017). The Relationship of Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), And Motivation Towards Basketball Skills. European Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 1–12. https://doi.org/10.5281/zenodo.439993

Pilatowicz, K., Zdunek, M. K., Molik, B., Nowak, A. M., & Marszalek, J. (2018). Physical activity of children and youth with disabilities. Postepy Rehabilitacji, 32(4), 45–54. https://doi.org/10.5114/areh.2018.83394

Pratama, A. T. (2015). Hubungan Intelligence Quotient (Iq) Terhadap Capaian Prestasi Belajar Biologi Sma Kota Medan. Biosel: Biology Science and Education, 4(2), 1. https://doi.org/10.33477/bs.v4i2.534

Rastovski, D., Zoretić, D., Šiljeg, K., & Jorgić, B. (2023). Correlation between Anxiety and Success in Swimming Training Program for Non-Swimmers. 21, 59–62. https://doi.org/10.26773/smj.230709

Stan, A. E. (2012). The benefits of participation in aquatic activities for people with disabilities. Sports Medicine Journal / Medicina Sportivâ, 8(1), 1737–1742.

Sulistiya, F. (2016). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa di SMP N 15 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Winnick, J. P., & Porretta, D. L. (Eds.). (2017). Adapted Physical Education and Sport (6th ed.). Human Kinetics.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v20i2.77874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats