Penerapan model pembelajaran direct teaching pada belajar keterampilan passing permainan sepak bola
Ahmad Husaeni, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan, Indonesia
Zam Zam Mahdani, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penerapan model pembelajaran direct teaching terhadap hasil keterampilan passing dalam permainan sepak bola. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest post-test, populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola dengan jumlah 27 siswa, sampel yang digunakan adalah total sampling atau seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola di SMP Angkasa Lanud Sulaiman. Dari hasil penghitungan terlihat bahwa ada perbedaan rata-rata antara pretest dan posttest secara signifikan terhadap kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran direct teaching, dimana didapat nilai rata-rata pretest sebesar 10.4815 dan nilai rata-rata post-test 14.8519 terhadap keterampilan passing dalam permainan sepak bola. Hasil perhitungan t perbandingan perbedaan hasil pembelajaran dengan nilai t hitung 13.257 lebih besar daripada nilai t tabel dengan nilai signifikansi 0,05 sebesar 1,70562. Dengan demikian hipotesis (Ho) ditolak dan (H1) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa: model pembelajaran direct teaching efektif digunakan untuk memberikan pengaruh terhadap keterampilan passing dalam permainan sepak bola.
Abstract: The study aims to measure the effectiveness of the application of the direct teaching-learning model on the results of passing skills in football games. This study used an experimental method with a one-group pretest post-test design, the population used in this study is students who participate in football extracurriculars with a total of 27 students, the sample used is total sampling or all students who participate in football extracurriculars at SMP Angkasa Lanud Sulaiman. The result showed that there is a significant difference between the pretest and post-test for the experimental group using the direct teaching-learning model, where the average score of the pretest is 10.4815 and the average score of the post-test is 14.8519 for passing skills in the game of soccer. The results of the t-calculation of the difference in learning outcomes with a t-value of 13.257 were higher than the t-value of the table with a significance value of 0.05 of 1.70562. Thus, the hypothesis (Ho) is rejected and (H1) is accepted, it can be concluded that: the direct teaching-learning model is effectively used to influence passing skills in football games.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad. (2013). Media Pembelajaran, edisi 1. Raja Grafindo Persada.
Diah Nuratin. (2013). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pola Gerak Dasar Manipulatif Melalui Metode Permainan pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Purwawinangun. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Furqaani, A. R. (2017). Latihan Fisik Sebagai Brain Booster Untuk Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11–22. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2688
H.J.S Husdarta. (2015). Manajemen Pendidikan Jasmani (Dr. Riduwa, p. 190). Alfabeta Bandung.
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. (2014). Belajar dengan pendekatan PAILKEM. Bumi Aksara.
irfan Dkk. (2018). analisis teknik dasar sepak bola tubalasi PSTS padang. 8, No 2.
Kebudayaan, kementerian pendidikan dan. (2017). Tim kesebelasan sepak bola.
Permendikbud no 22, Pub. L. No. no 22, Standsr isi Pendidikan 61 (2006).
Killen, R. (2012). Effective teaching strategies : Lessons from research and practice. Cengage Learning Australia. Social Scien Press. https://doi.org/9781876033989
Lucie Renard. (2023, March 24). The Direct Instruction Method A practical guide to effective teaching. Bookwidgets. https://www.bookwidgets.com/blog/2019/03/direct-instruction-a-practical-guide-to-effective-teaching#:~:text=Direct instruction is a teacher,guided instructions to the students.
Mukhopadhyay, M. (2014). The effect of exercises using a factory device to develop the accuracy of passing skill in football at ages 13/14 years. J Surg CI Res, 5(1), 47–55.
Undang Undang No 20, Pub. L. No. No 20, 26 (2003). https://doi.org/-
Nurseto, F., Suwarli, S., & Cahyadi, A. (2019). The Effect Of Balance And Strength Of Muscle Leg On The Accuracy Of Kicking A Ball Towards The Goal In The Student Football University Of Lampung. Quality in Sport, 5(4), 13–20. https://doi.org/10.12775/qs.2019.020
Pramesti, G. (2018). Mahir Mengelola Data Penelitian dengan SPSS 25 (Getut Pramesti (ed.); 1st ed.). Elek Media Komputindo. -
Pritandhari, M. (2017). minat belajar, seni budaya, ICT. 5(1), 47–56.
Priyo Utomo, N., & Indarto, P. (2021). Analisis Keterampilan Teknik Dasar Passing dalam Sepak Bola. Jurnal Porkes, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4578
Rais, A. A., & Suswanto, H. (2017). Perbandingan Implementasi Model Problem Based Learning Dan Direct Instruction Dalam Meningkatkan Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(8), 1043–1049.
Santoso, N. (2011). Peran guru pendidikan jasmani dalam ikut mengembangkan persepakbolaan nasional. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 71–80.
Santoso, N. (2019). Tingkat Keterampilan Passing-Stoping Dalam Permainan Sepakbola Pada Mahasiswa PJKR B Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(2), 40–48.
Siahaan, O. F. (2016). Penerapan model pembelajaran direct instruction dalam meningkatkan hasil belajar passing kaki bagian dalam permainan sepak bola pada siswa kelas XI SMA swasta raksana medan tahun ajaran 2015/2016 [Unimed]. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8238
Sugiarto. (2012). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta Bandung.
Sugiono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta Bandung.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sugiono (ed.); 1st ed.). Alfabeta.
Suryadi, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Shooting Permainan Sepak Bola Melalui Latihan Kekuatan Otot Tungkai. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(2), 237–246.
Taufiqurrohman, M. M., & Bahar, M. G. F. (2023). Problematik Kedudukan, Kepastian, dan Penegakan Hukum Statuta FIFA di Indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia, 20(3), 14–25. https://doi.org/10.54629/jli.v20i3.1055
Zahriani, Z. (2014). Kontektualisasi Direct Instruction Dalam Pembelajaran Sains. Lantanida Journal, 2(1), 95. https://doi.org/10.22373/lj.v2i1.667
DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v20i2.60439
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.