Validity of interactive media to strengthen understanding concepts in integer class vii
Sunismi Sunismi, Universitas Islam Malang, Indonesia
Anies Fuady, Universitas Islam Malang, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arindiono, R. J., & Ramadhani, N. (2013). Perancangan media pembelajaran Interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(1), F28-F32.
Chrysti, K., Rokhmaniyah, R., & Wahyudi, W. (2021). Pengaruh model proyek berbasis scientific reading dalam pemberdayaan keterampilan berpikir kreatif guru prajabatan di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Eropa, 10(3), 1329–1340. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.3.1329
Dwiqi, GCS, Sudatha, IGW, & Sukmana, AIWIY (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas v. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan bahan ajar media pembelajaran berbasis kearifan lokal mahasiswa pendidikan matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781
Hakim, BR, & Haryudo, SI (2014). Pengembangan media pembelajaran interakitif animasi flash pada standar kompetensi pemasangan instalasi penerangan listrik bangunan sederhana di SMK Walisongo 2 Gempol.
Halim Fathani, A., Nursit, I., Alifiani, A., Abidin, Z., Sunismi, S., & Widodo, GS (2022). Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran bagi guru MA Ma'arif Kota Batu di era merdeka belajar. Media Abdimas, 1 (3), 128–133. https://doi.org/10.37817/mediaabdimas.v1i3.2573
Harsiwi, UB, & Arini, LDD (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu , 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
John W. Creswell. (2008). Penelitian pendidikan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Publikasi Sage.
Kurniawati, ID, & Nita, S. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Jurnal Komputer dan Teknologi Informasi, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Muhammad, DH (2020). Implementasi pendidikan humanisme religiusitas dalam pendidikan pendidikan agama islam di era revolusi industri 4.0. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 122–131. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.581
Novita, R., & Harahap, SZ (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem komputer di SMK. Jurnal Informatika, 8(1), 36–44. https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532
Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371
Pebriyanti, I., Divayana, Ditjen Bina Marga, & Kesiman, MWA (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran informatika Kelas VII di SMP Negeri 1 Seririt. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) , 10(1), 50. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.31110
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Sasindo Unpam, 8(2).
Peña-Ayala, A. (2021). Kerangka kerja kooperatif desain pembelajaran untuk menanamkan pendidikan abad ke-21. Telematika dan Informatika, 62, 101632. https://doi.org/10.1016/j.tele.2021.101632
Prasetiya, B. (2018). Analisis kuaniaif korelasi pendidikab agama dalam keluarga dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pendidikan agama islam. 11.
Putri, IP, & Sibuea, AM (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran fisika. jurnal teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i2.1876
Rahman, A., & I Nyoman, J. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049
Ray, A., Bala, PK, & Dasgupta, SA (2019). Peran keaslian dan manfaat yang dirasakan dari kursus online pada pilihan karir berbasis teknologi di India: Model adopsi teknologi yang dimodifikasi berdasarkan teori karir. Jurnal Internasional Manajemen Informasi, 47, 140–151. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.01.015
Rufaidah, H, Sunismi, & Fathani, AH (2018). Pengembangan multimedia interaktif berbasis game quiz untuk mendukung kemandirian belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas viii. jp3, 18 (2). http://reporsitory.unisma.ac.id/handle/123456789/6678
Sunismi, S., & Fathani, AH (2016). Uji Validasi e-module matakuliah kalkulus i untuk mengoptimalkan student centered learning dan individual learning mahasiswa s-1. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2), 174–191. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.2.174-191
Sunismi, S., Wedastuti, NK, & Faradiba, SS (2023). Workshop pembuatan media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Geogebra pada materi volume kerucut. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 713. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12629
Susandi, A. (2017). Peran penguatan konselor dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era globalisasi. Nusantara Penelitian, 04(02).
Tambunan, MA, & Siagian, P. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website (Google Sites) pada materi fungsi di SMA Negeri 15 Medan. 2(10).
Tanjung, RE, & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Kejuruan Teknik Elektronika dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Trilaksono, D., Darmadi, D., & Murtafi'ah, W. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan Adobe Flash Professional berbasis literasi untuk meningkatkan kreativitas siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 180. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1428
Triningsih, DE (2021). Penerapan aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan menyajikan teks tanggapan kritis melalui pembelajaran berbasis proyek. Cendekia, 15(1), 128–144. https://10.30957/cendekia.v15i1.667
Widjayanti, WR, Masfingatin, T., & Setyansah, RK (2018). Media pembelajaran interaktif berbasis animasi pada materi statistika untuk siswa kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13 (1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Zulhelmi, Adlim, dan Mahidin. (2017). Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05, 72–80. https://jurnal.usk.ac.id/JPSI/aricle/view/8414/6803
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v11i1.64289
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fitria Fitria, Sunismi Sunismi, Anies Fuady
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics