KEEFEKTIFAN PENJAMINAN MUTU STANDAR PROSES DI SDN KALIURANG 2 KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN

Patna Sustiwi, , Indonesia
Muhyadi Muhyadi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penjaminan mutu standar proses dalam aspek perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan proses pembelajaran di SDN Kaliurang 2 Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model evaluasi kesenjangan. Unit analisis dalam penelitian ini adalah SDN Kaliurang 2 Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman dengan responden kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan instrumen berupa lembar observasi, ceklis, dan pedoman wawancara.Validitas istrumen menggunakan pertimbangan ahli. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) perencanaan pembelajaran berada dalam kriteria sangat efektif dengan capaian 85,24%, (2) pelaksanaan proses pembelajaran berada dalam kriteria sangat efektif dengan capaian 88,67%, (3) penilaian pembelajaran berada dalam kriteria efektif dengan capaian 75,29%, dan (4) pengawasan pembelajaran berada dalam kriteria sangat efektif dengan capaian 85,06%. Secara umum, penjaminan mutu standar proses di SDN Kaliurang 2 Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman termasuk dalam kriteria sangat efektif dengan capaian 83,56%.

Keywords


keefektifan; penjaminan mutu; standar proses

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats