IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU ISO 9001: 2000 PADA SMKN 1 KALASAN

 Jamiatun Jamiatun, FX. Sudarsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  implementasi manajemen mutu  ISO 9001: 2000 pada mutu kinerja sekolah yang meliputi komponen input, proses, dan produk serta partisipasi orang tua siswa dalam pelaksanaan program-program sekolah di SMKN 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan subjek penelitian  seluruh guru, karyawan, siswa dan orang tua siswa SMKN 1 Kalasan. Sampel dalam penelitian ini adalah guru dan karyawan SMKN 1 Kalasan yang telah mengabdi kurang lebih tiga tahun yang terdiri atas 84 guru dan 29 karyawan, dan orang tua/wali dan siswa yang duduk di kelas XII saat penelitian berlangsung terdiri atas 175 orang tua dan 312 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif. Data dikumpulkan melalui  kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penilaian guru, karyawan, orang tua dan siswa terhadap mutu kinerja komponen input di SMKN 1 Kalasan sangat baik (63,19%), komponen proses sudah baik (50,35%), komponen produk sangat baik (73,61%) dan partisipasi orang tua sangat baik (61,14%). Berdasarkan hasil ini, peneliti menyarankan bagi pihak SMKN 1 Kalasan untuk tetap melakukan perbaikan dalam implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2000 agar mutu kinerja sekolah dapat ditingkatkan.


Keywords


implementasi manajemen mutu; ISO 9001: 2000; kinerja sekolah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2337-7895 (print) || ISSN 2461-0550 (online)


View Journal Statistics