IMPLEMENTASI PERAN KOMITE SEKOLAH DI SD NEGERI SUMBERPORONG 03 KECAMATAN LAWANG, KABUPATEN MALANG

Authors

  • Mawan Kriswantono ITN Malang
  • Muhyadi Muhyadi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2325

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komite sekolah sebagai: 1) ba-dan pertimbangan, 2) badan pendukung, 3) badan pengontrol, dan  4) badan penghubung di SD Negeri Sumberporong 03 Lawang, Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi dari ketua dan anggota komite sekolah, kepala sekolah, dan guru. Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan mendasarkan pada proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komite sekolah di SD Negeri Sumberporong 03 Lawang, Kabupaten Malang secara umum telah melaksanakan perannya sebagaimana yang diharapkan. Komite sekolah telah melaksanakan perannya sebagai badan pertimbangan, pendukung, dan penghubung. Namun dalam hal pengontrol kebijakan dan program sekolah, komite sekolah belum sepenuhnya melaksanakannya, karena komite sekolah sebagai organisasi yang bersifat sosial dan masing-masing anggota komite mempunyai kesibukan dalam profesi masing-masing sehingga belum mampu melaksanakan kontrol secara langsung di sekolah.

Kata kunci: peran, komite sekolah

Downloads

Published

2013-04-01

How to Cite

Kriswantono, M., & Muhyadi, M. (2013). IMPLEMENTASI PERAN KOMITE SEKOLAH DI SD NEGERI SUMBERPORONG 03 KECAMATAN LAWANG, KABUPATEN MALANG. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 66–79. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2325

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)