KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN

Authors

  • Eutrovia Iin Kristiyanti ASMI DESANTA Yogyakarta
  • Muhyadi Muhyadi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6270

Keywords:

gaya kepemimpinan, kepala sekolah perempuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis sifat-sifat gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan  yang muncul dalam pengambilan keputusan, membangun komunikasi dan pemberian motivasi. Metode penelitian yang digunakan adalah  kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sebagai subjek penelitian adalah kepala SMKN 7 Yogyakarta, SMKN 1 Bantul dan SMKN 1 Tempel. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian adalah sifat-sifat gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan SMKN 7 Yogyakarta, SMKN 1 Bantul, SMKN 1 Tempel adalah: (1) Kepala sekolah memberi wewenang dalam pengambilan keputusan kepada bawahan; (2) Berhati-hati dalam pengambilan keputusan dan taat pada prosedur; (3) Menghormati, menghargai, terbuka terhadap masukan dan saran dari bawahan; (4) Lebih suka bekerja tim; (5) Lebih mengutamakan hubungan antarpersonal dan komunikasi informal; (6) penghargaan diberikan untuk pengembangan bawahan; (7) sifat keibuan berperan dalam pemberian teguran dan pembinaan kepada bawahan serta lebih diplomatis. (8) cenderung menggunakan gaya kepemimpinan partisipatif.

Downloads

Published

2015-10-23

How to Cite

Kristiyanti, E. I., & Muhyadi, M. (2015). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 37–49. https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6270

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)