PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI IMPLEMENTASI STRATEGI PETA KONSEP DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK

Wiwik Hendriani,
Aman Aman,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendiskripsikan implementasi strategi peta konsep  untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik, 2) meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik melalui implementasi strategi peta konsep, dan 3) mengetahui kendala-kendala dan cara mengatasi kendala yang dihadapi dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS . Penelitian tindakan kelas ini diimplementasikan pada peserta didik kelas VIII D SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman karena terindikasi bahwa aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS masih rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari rerata keseluruhan 3,39 atau senilai 67,8 pada siklus I menjadi 3,48 yaitu senilai 70 pada siklus II yaitu klasifikasi cukup menjadi baik. Hasil belajar peserta didik yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebanyak 14 orang yaitu sekitar 43,75 % dan meningkat pada siklus II menjadi 28 orang dengan persentase 85%. Kendala-kendala yang dihadapi ini adalah masih lemahnya manajemen waktu dari peneliti dalam proses pembelajaran serta penilaian terhadap aktivitas peserta didik karena terbatasnya pengamatan terhadap mereka dan kadang bersifat subjekif. Upaya mengatasi kendala yang dihadapi dengan pengalokasian waktu yang ketat dalam proses pembelajaran dan penilaian aktivitas peserta didik dapat dilakukan dengan penilaian antar mereka.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, strategi peta konsep


Full Text:

PDF 107-118


DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo


Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Harmoni Sosial Stats