PELATIHAN KESADARAN FONOLOGIS PADA ANAK-ANAKPRASEKOLAHUNTUK MENYAMBUT TUGAS BELAjAR MEMBACA PADA MASA SEKOLAH
Abstract
Membaca merupakan salah salu lugas perkembangan penting bagi anak-anak
pada masa sekolah, oleh karena itu mempersiapkan anak prasekolah unluk menyambut
lugas belajar membaca akan besar sekali manCaatnya, karena keterampilan membaca
yang akan dikuasai, akan melandasi mereka dalam menyambul tugas belajar ilmu
pengelahuan serta kelerampilan Iainnya. Salah salu benluk persiapan belajar membaca
yang dapal diberikan kepada anak-anak prasekolah adalah pelalihan kesadaran
Conologis.
Pelatihan kesadaran Conologis adalah sualu benluk pelalihan yang
mengembangkan sensilivilas anak lerhadap slruklur bunyi dari kata-kala yang
diucapkan. Kesadaran ilu dapal terjadi terhadap unit bunyi relatiC besar sepeni silabel,
dan dapal berkembang sehingga kesadaran lerjadi lerhadap unit bunyi yang paling kedl
yailu fonem. Sebagai conloh, kesadaran Conologis lerhadap silabel ialah anak menyadari
bahwa silabel akhir dari kala "bukan" dan "makan" mempunyai bunyi yang sama. yailu
"kan". sedangkan conloh kesadaran Copnologis lerhadap Conem pada lingkal yang paling
sederhana ialah anak menyadari bahwa kala "bola" dan "bumi" mempunyai Conem awal
yang berbunyi sama, yailu "beh" atau "be".
Psikodinamika dari peranan kesadaran Conologis lerhadap kelerampilan belajar
membaca leljadi melalui: (1) anak menjadi lebih mampu menghubungkan bunyi dengan
huruC yang dibaca; (2) anak lebih mampu menganalisis kala-kala baru yang dipelajari ke
dalam komponen-komponennya berdasarkan bunyinya, serta mensinlesiskan kembali
bunyi-bunyi ilu unluk pengucapan sebuah kala; (3) anak lebih mampu melakukan
generalisasi dari segmen-segmen kala yang sudah dikenali sebelumnya pada kala-kala
baru yang dihadapinya.
pada masa sekolah, oleh karena itu mempersiapkan anak prasekolah unluk menyambut
lugas belajar membaca akan besar sekali manCaatnya, karena keterampilan membaca
yang akan dikuasai, akan melandasi mereka dalam menyambul tugas belajar ilmu
pengelahuan serta kelerampilan Iainnya. Salah salu benluk persiapan belajar membaca
yang dapal diberikan kepada anak-anak prasekolah adalah pelalihan kesadaran
Conologis.
Pelatihan kesadaran Conologis adalah sualu benluk pelalihan yang
mengembangkan sensilivilas anak lerhadap slruklur bunyi dari kata-kala yang
diucapkan. Kesadaran ilu dapal terjadi terhadap unit bunyi relatiC besar sepeni silabel,
dan dapal berkembang sehingga kesadaran lerjadi lerhadap unit bunyi yang paling kedl
yailu fonem. Sebagai conloh, kesadaran Conologis lerhadap silabel ialah anak menyadari
bahwa silabel akhir dari kala "bukan" dan "makan" mempunyai bunyi yang sama. yailu
"kan". sedangkan conloh kesadaran Copnologis lerhadap Conem pada lingkal yang paling
sederhana ialah anak menyadari bahwa kala "bola" dan "bumi" mempunyai Conem awal
yang berbunyi sama, yailu "beh" atau "be".
Psikodinamika dari peranan kesadaran Conologis lerhadap kelerampilan belajar
membaca leljadi melalui: (1) anak menjadi lebih mampu menghubungkan bunyi dengan
huruC yang dibaca; (2) anak lebih mampu menganalisis kala-kala baru yang dipelajari ke
dalam komponen-komponennya berdasarkan bunyinya, serta mensinlesiskan kembali
bunyi-bunyi ilu unluk pengucapan sebuah kala; (3) anak lebih mampu melakukan
generalisasi dari segmen-segmen kala yang sudah dikenali sebelumnya pada kala-kala
baru yang dihadapinya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9241
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.