REALISASI PENDIDIKAN UMUM TERCERMIN DAIAM MATA KULIAH DASAR UMUM (MKDU)
L. Hendro Wibowo,
Abstract
Pendidikan umum muncul sebagai reaksi adanya pendidikan yang mengarah
pada bidang spesialisasi, yang mengakibalkan masing- masing bidang ilmu menonjolkan
diri. Di lain pihak membina manusia unluk mempersiapkan dan membina manusia
untuk menghadapi masa depan yang lebih baik, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, tidak individualis, loleran lernadap orang lain, dan cinla lanah air.
Beberapa pandangan aliran filsafat lerhadap pendidikan umum anlara lain
rasionalisme, humanisme dan pragmalisme.
Pendidikan umum di Indonesia, lebih banyak direalisasikan dalam Mala Kuliah
Dasar Umum (MKDU) yang dilujukan kepada pembinaan "kepribadian manusia
Indonesia seutuhnya".
pada bidang spesialisasi, yang mengakibalkan masing- masing bidang ilmu menonjolkan
diri. Di lain pihak membina manusia unluk mempersiapkan dan membina manusia
untuk menghadapi masa depan yang lebih baik, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, tidak individualis, loleran lernadap orang lain, dan cinla lanah air.
Beberapa pandangan aliran filsafat lerhadap pendidikan umum anlara lain
rasionalisme, humanisme dan pragmalisme.
Pendidikan umum di Indonesia, lebih banyak direalisasikan dalam Mala Kuliah
Dasar Umum (MKDU) yang dilujukan kepada pembinaan "kepribadian manusia
Indonesia seutuhnya".
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9233
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.