STRATEGI PEMROSESAN TINGKAT DALAM PADA PENGAjARAN DERETAKTMTAS LOGAM UNTUK
Abstract
Dalarn rnengajarkan i1rnu kimia di SMU biasanya dilakukan dengan slralegi
pernrosesan lingkal permukaan dan lingkal dalarn. Dan kedua strategi tersebut, strategi
pemrosesan lingkat dalam merupakan cara yang lebih baik. Dengan slrategi itu,
pernahaman, ketrarnpilan dan kejelasan siswa tentang ilrnu kimia dapat dilingkatkan.
Pengajaran deret aktivilas logarn merupakan salah satu conloh penggunaan
strategi tersebut. Dengan strategi ini, pengajaran deret aklivilas logam kepada siswa
dibenkan melalui topik-topik yang urut. Topik yang dimaksud adalah pengantar,
penjabaran, pengingatan dan aplikasi deret aktivitas logarn.
Dengan penggunaan strategi pernrosesan lingkat dalam, diharapkan siswa
meninjau i1rnu kimia dalam perspektif yang lebih luas dan dapal rnengkailkan lopik
deret aktivilas logarn dengan topik-topik lain yang beragarn dalam i1mu kirnia. Dengan
dernikian ketrampilan proses penalaran sains siswa rneningkat
pernrosesan lingkal permukaan dan lingkal dalarn. Dan kedua strategi tersebut, strategi
pemrosesan lingkat dalam merupakan cara yang lebih baik. Dengan slrategi itu,
pernahaman, ketrarnpilan dan kejelasan siswa tentang ilrnu kimia dapat dilingkatkan.
Pengajaran deret aktivilas logarn merupakan salah satu conloh penggunaan
strategi tersebut. Dengan strategi ini, pengajaran deret aklivilas logam kepada siswa
dibenkan melalui topik-topik yang urut. Topik yang dimaksud adalah pengantar,
penjabaran, pengingatan dan aplikasi deret aktivitas logarn.
Dengan penggunaan strategi pernrosesan lingkat dalam, diharapkan siswa
meninjau i1rnu kimia dalam perspektif yang lebih luas dan dapal rnengkailkan lopik
deret aktivilas logarn dengan topik-topik lain yang beragarn dalam i1mu kirnia. Dengan
dernikian ketrampilan proses penalaran sains siswa rneningkat
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.