PERAN LEMBAGA PENDIDlKAN DALAM PEMBINAAN BUDAYA BANGSA MENGHADAPI ERA PASAR BEBAS
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9222Abstract
Datangnya era pasar bebas, baik dalam kerangka Kawasan Perdagangan BebasASEAN (AFfA tahun 2(03), maupun Asia Pasifik (APEC tahun 2020), di samping
disambut dengan sikap optimis, ada pula kekhawatiran. Sikap optimis itu muncul karena
era pasar bebas akan mempermudah peredaran barang, jasa dan informasi. Namun
berbagai kemudahan yang tercipta, dikhawatirkan berdampak pada masyarakat,
khususnya berkaitan dengan persoalan ketahanan budaya bangsa.
Vntuk menghadapi pengaruh nilai-nilai budaya asing, lembaga pendidikan
memiliki posisi peranan yang strategis, yakni sebagai wahana membina ketahanan
budaya sehingga bangsa kita lebih siap memasuki era pasar bebas dimana interaksi
budaya berlangsung pesat. Lembaga pendidikan membina sikap budaya yang positif
bersamaan upaya membentuk manusia yang cerdas dan terampil. Vpaya ini sesuai
strategi pembangunan pendidikan yang bertujuan membentuk dan menciptakan sosok
manusia Indonesia yang utuh. Jadi, orientasi keilmuan dan pembinaan budaya
dilaksanakan seimbang. Pembinaan budaya dapat ditempuh dengan dua pendekatan,
yami monolitik dan integratif.
Downloads
Published
2016-05-12
How to Cite
Aw., S. (2016). PERAN LEMBAGA PENDIDlKAN DALAM PEMBINAAN BUDAYA BANGSA MENGHADAPI ERA PASAR BEBAS. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9222
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.