Penerapan Metode STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika

 Dwi Ari Listyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Students Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Kalasan yang terdiri atas 14 siswa putra dan 18 siswa putri, pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Hasil penelitian tentang aktivitas belajar diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran Matematika dengan menggunakan lembar observasi dan angket aktivitas siswa. Hasil penelitian tentang hasil belajar yang diperoleh melalui tes menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Students Team Achivement Divisions (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Kalasan. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase lembar observasi aktivitas belajar siswa, yaitu sebesar 11,25%. Hasil dari angket aktivitas siswa juga meningkat, yaitu sebesar 7,1%. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dari perbandingan hasil pretes dan postes pada setiap siklus. Peningkatan rata-rata hasil tes materi Aljabar (siklus 1) sebesar 13,8. Sedangkan peningkatan rata-rata hasil tes materi Geometri (siklus 2) sebesar 26,3. Dalam melaksanakan pembelajaran tipe STAD dibutuhkan perencanaan, pensosialisasian, dan pengelolaan waktu yang baik. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Matematika.

 

 

Keywords


pembelajaran kooperatif; tipe STAD; aktivitas belajar; hasil belajar



DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i2.27582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah WUNY