PENGGUNAAN CRAM DIGITAL FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PROVERB SISWA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.26864Keywords:
Media, Cram Digital Flashcard, Proverb (peribahasa)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar proverb siswa dengan menggunakan media Cram Digital Flashcard; dan (2) mengetahui langkah-langkah meningkatkan hasil belajar proverb siswa dengan menggunakan media Cram Digital Flashcard. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan April 2018 dengan subyek penetian siswa SMA Negeri 2 Playen, Gunungkidul kelas X MIPA 1. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan 2 petemuan dalam tiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi siswa belajar, observasi guru dalam mengajar, hasil tes tulis dan angket siswa melalui excel survey. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Penggunaan Cram Digital Flashcard dapat meningkatkan hasil belajar proverb siswa. Hal ini terbukti dari hasil evaluasi yang dilakukan di akhir setiap siklus. Data hasil belajar menunjukkan bahwa terjadi kenaikan rata-rata hasil belajar dari siklus 1 87,29 menjadi 96,6 pada siklus 2. Baik hasil belajar pada siklus 1 maupun siklus 2 telah mencapai indikator keberhasilan, seluruh siswa mampu meraih hasil belajar diatas KKM, sehingga ketuntasan secara klasikal mencapai 100%. (2) Langkah-langkah penggunaan Cram Digital Flashcard untuk meningkatkan hasil belajar proverb dapat dilakukan dengan cara (1)mempersiapkan rencana pembelajaran (2) memperkenalkan aplikasi cram dan fitur yang ada didalamnya (3) memilih 20 proverb yang sangat frekuen digunakan dalam wacana untuk dapat dipelajari menggunakan cram digital flashcards. (4) menggunakan media Cram secara klasikal (5) membuat flashcard mengunakan Cram dalam kelompok (6) melakukan memorisasi menggunakan aplikasi Cram secara individual dengan mengeksplor beberapa fitur untuk memorisasi, fasilitas online quiz untuk melatih ingatan dan fitur games yang membuat belajar peribahasa lebih menarik dan menyenangkan.References
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azar, Nurul Iqbal.2013.Teori-teori tentang Proverba. Tersedia pada https://pusatbahasaalazhar.wordpress.com/hakikat-hakiki-kemerdekaan/teori-teori-tentang-proverba/ diakses pada tanggal 28 Januari 2018 pkl 14:52
Brown, Douglas. 2000. Principle of Language Learning and Teaching. New York: Pearson
Education.
Danim, Sudarwan. 2010. Media KomunikasiPendidikan. Jakarta: BumiAksara
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hornby, A. S. 1983. Oxford Advanced Learners Dictionary of Current English.
London: Oxford University Press.
Jamal, Munira. 2009. What is a Proverb? Theoretical Remarks. http://www.lingua-jip.de/pdf/What%20is%20a%20Proverb%20(Translation).pdf. Diakses 28 Januari 2018 Pkl 14:52
Mieder, Wolfgang. 2003. Proverbs A handbook. London : Greenwood Press
Sudjana, Nana & Ibrahim. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Susilana, R. dan Riyana,C. 2009. Media pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.
Wibawa, Basuki dan Mukti, Farida. 1993. Media Pengajaran. Jakarta: Dirjendikti PPLPTK.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.