ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial)

Ryan Priatama, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ilham Hilal Ramadhan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Az- Zuhaida, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Awanis Akalili, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Febriansyah Kulau, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Diunduh lebih dari 2 Miliyar per tiga bulan pertama di tahun 2020, menjadikan Tiktok sebagai salah satu platform digital marketing yang banyak digunakan masyarakat. Aplikasi Tiktok hadir di Indonesia banyak dimanfaatkan untuk berkreativitas hingga berbisnis oleh masyarakat. Salah satu akun Tiktok yang aktif dalam menggunakan aplikasi ini sebagai digital marketing adalah @jogjafoodhunterofficial dengan jumlah pengikutnya sebesar 549,7 ribu. Digital marketing merupakan penerapan teknologi digital untuk menciptkan saluran yang dapat berhubungan dengan konsumen potensial agar tujuan pelaku usaha dapat berjalan secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik digital marketing yang digunakan oleh akun Tiktok @jogjafoodhunterofficial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metodologi yang dipakai yakni studi kasus. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan menunjukan bahwa akun Tiktok @jogjafoodhunterofficial menggunakan beberapa teknik digital marketing, yaitu iklan, story telling, komedi, diskon, testimoni, tagar, dan promo, serta ditemukan beberapa temuan teknik baru yang belum ada di penelitian terdahulu seperti audio musik, feedback, dan cashback. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan penegatahuan serta memberi informasi dan alternatif digital marketing melalui aplikasi Tiktok.

Keywords


Tiktok; Digital Marketing; Teknik Digital Marketing

Full Text:

PDF

References


Annur, C. M. & Ahsan, M. (2020). TikTok Telah Diunduh Lebih dari 2 Miliar Kali di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/21/tiktok-telahdiunduh-lebih-dari-2-miliar-kali-di-dunia

Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice. Pearson Education Limited.

Cyptaning Ajie Nusantara, C. A. N. (2021). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Melalui Aplikasi Tiktok Tugas Eas Technonopreneurship Digital Content (A). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Melalui Aplikasi Tiktok Tugas Eas Technonopreneurship Digital Content (A).

Dewa, C. B. & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Jurnal Pariwisata dan Budaya, 12(1), 65-71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Dewi, S. (2007). Komunikasi Bisnis (1st ed.). CV Andi Offset.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran (1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media.

Floyd, K. (2020). Business and Professional Communication: Putting People First. Mc-Graw-Hill Education.

Indrawati, K. A. P., Sudiarta, I N., & Suardana, I W. (2017). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2), 78-83.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2. Alih Bahasa, Alexander Sindoro. Jakarta Prenhallindo.

Krizan, Merrier, P., Logan, J. P., & Williams, K. S. (2008). Business Communication (8th ed.). Bumi Aksara.

Leskin, P. (2020). Tiktok Surpasses 2 Billion Downloads and Sets A Record For App Installs in A Single Quarter. https://www.businessinsider.com/tiktokapp-2-billion-downloads-record-setting-q1-sensor-tower2020-4.

Lidwina, A. & Ridhoi, M. A. (2020). Resep TikTok Merebut Pasar YouTube dan Instagram. https://katadata.co.id/muhammadridhoi/analisisdata/5fd775b943af0/resep-tiktok-merebut-pasar-youtube-dan-instagram.

Oktavia, Y. (2019). Pengaruh Hashtag Engagment #Peoplewearoemahetnik di Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image UKM Oemah Etnik. Universitas Airlangga.

Purwana, D., Rahmi &Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakt Madani, 1(1). 1-17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

Purwanto, D. (2013). Komunikasi Bisnis. Erlangga.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, S. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Putri, A. M., & Ruliana P. (2019). Strategi Komunikasi Bisnis dalam Meningkatkan Kepuasan Tenant. Journal of Creative Communication, 1(1). 1-18.

Rahmawati, F. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil daan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Skripsi; Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi.

Rosenblatt, B., Cheatham, J. R., & Watt, J. T. (1995). Communication in Business. Prentice Hall, inc. Engelwood cliffs.

Saveria, R. A. (2016). Analisis Digital Marketing dalam Strategi Intergrated Marketing Communication Kampanye Politik (Studi Kasus Komunitas Teman Ahok). (Skripsi, Universitas Indonesia).

Sawicki, A. (2016). Digital Marketing. Journal World Scientific News, 48. 82-88.

Stathopoulou, A., Borel, L., Christodoulides, G., & West, D. (2017). Consumer Branded #hashtag Engagement: Can Creativity in TV Advertising Influence Hashtag Engagement? Journal Interactive Marketing, 34(4). 448-462

Su, Y., Baker, B. J., & Doyle, J.P. (2020). Fan Engagement in 15 Seconds: Athletes’ Relationship Marketing During a Pandemic via TikTok. International Journal of Sport Communication 2020, 13(3). 436–446.

Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT Remaja Rosadakarya.

Winangsih, N. (2020). Komunikasi Bisnis Antarbudaya dalam Era Globalisasi. Jurnal Mediator, 1(1). 41-46. https://doi.org/10.29313/mediator.v1i1.679

Tabroni, T., & Komarudin, M. (2021). Strategi Promosi Produk Melalui Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid'19 Berdasarkan Keputusan Konsumen. Jurnal Riset Entrepreneurship, 4(1). 49-57. https://doi.org/10.30587/jre.v4il.2217

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan digital marketing dalam promosi pariwisata pada era industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2). 81-92.

Weiss, G. (2020). Tiktok Added 12 Million Unique U.S. Visitors in March, As Watch-Time Surges in Quarantine. https://www.tubefilter.com/2020/04/28/tiktok-added-12-million-unique-us-visitors-in-march/

Yulistine, E. (2020). Pengaruh aktivitas social media marketing TikTok pada brand awareness, brand image dan brand loyalty Bittersweet by Najla. (Doktoral disertasi, Universitas Pelita Harapan).

Yustina, C. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Implementasi untuk UMKM. Jurnal NeO-Bis, 8(2), 176-189. https://doi.org/10.21107/nbs.v8i2.472




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ryan Priatama, Ilham Hilal Ramadhan, Az- Zuhaida, Awanis Akalili, Febriansyah Kulau

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo

 

View My Stats