Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNY

Authors

  • Anik Widiastuti, Sugiharyanto, Satriyo W *

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v11i2.5294

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY yang meliputi 1) tingginya prestasi belajar mahasiswa, 2) perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY ditinjau berdasar jenis kelamin, 3) perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY ditinjau berdasar jalur masuk.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Populasi penelitian sekaligus menjadi sampel penelitian sebanyak 259 mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY  angkatan 2010 sampai dengan 2012. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY termasuk dalam kategori sangat memuaskan; 2) terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY ditinjau berdasar jenis kelamin; 3) terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY ditinjau berdasar jalur masuk UNY.

Kata kunci: prestasi belajar, IPS

Downloads

Published

2015-09-02

How to Cite

*, A. W. S. S. W. (2015). Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNY. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2). https://doi.org/10.21831/socia.v11i2.5294