Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNY
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v11i2.5294Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY yang meliputi 1) tingginya prestasi belajar mahasiswa, 2) perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY ditinjau berdasar jenis kelamin, 3) perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY ditinjau berdasar jalur masuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Populasi penelitian sekaligus menjadi sampel penelitian sebanyak 259 mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY angkatan 2010 sampai dengan 2012. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY termasuk dalam kategori sangat memuaskan; 2) terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY ditinjau berdasar jenis kelamin; 3) terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, FIS, UNY ditinjau berdasar jalur masuk UNY.
Kata kunci: prestasi belajar, IPSDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.