Keberdayaan perempuan pasca pelatihan mengolah sampah bagi kelompok pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga
Abstract
Kelompok pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga sebagai salah satu unit desa dapat dioptimalkan untuk mewujudkan keberdayaan masyarakat melalui program pelatihan mengolah sampah. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian survai, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mencari informasi faktual yang memperlihatkan gejala yang ada, mengidentifikasi masalah atau untuk mendapatkan justifikasi keadaan dan kegiatan yang sedang berjalan, serta untuk mengetahui hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang yang menjadi sasaran penelitian dalam memecahkan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Keberdayaan perempuan yang didasarkan dari hasil perhitungan menunjukkan jumlah persentase 82,5%. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat baik karena berada pada interval koefisien 80% - 100% berdasarkan pedoman untuk memberikan interpretasi terhadap persentase.
Women's Empowerment Post Training Processing Waste for Family Welfare and Empowerment Group
Abstract
The family empowerment and welfare group as one of the village units can be optimized to realize community empowerment through waste processing program. The research design used is survey research, which is a research that aims to find factual information showing symptoms, identify problems or to justify the circumstances and activities that are running, and to know the things done by the people who were targeted research in solving problems. The method used in this research is observation and interview. The empowerment of women based on calculations shows the percentage of 82.5%. The value belongs to the very good category because it is at the interval coefficient of 80% - 100% based on the guidelines to provide interpretation of the percentage.
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Adimihardja, K., & Hikmat, H. (2003). Participatory research appraisal: Pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Bandung: Humaniora.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewinta, N., & Sumarti, T. (2015). Hubungan peran pendamping dengan keberdayaan perempuan dalam program corporate social responsibility (Csr) Pt Itp. Institut Pertanian Bogor. Retrieved from http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/75108
Fahrudin, A. (2011). Pemberdayaan partisipasi dan penguatan kapasitas masyarakat. Bandung: Humaniora.
Fitzgibbon, C. (2006). The real impact of aid: Do you ever achieve empowerment? In A. Burden, G. Lyons, L. Rackley, & B. Sadacini (Eds.), Empowering Women. Kenya: CARE International.
Kindervatter, S. (1979). Nonformal education as an empowering process : with case studies from Indonesia and Thailand. University of Massachusetts Amherst. Retrieved from http://scholarworks.umass.edu/dissertations_1
Marzuki, S. (2010). Pendidikan nonformal, dimensi dalam keaksaraan fungsional, pelatihan dan andragogi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Retrieved from http://www.tokobukupenelitian.com/2013/04/pendidikan-nonformal-dimensi-dalam.html
Mulyana, E. (2007). Model tukar belajar (learning exchange) dalam perspektif pendidikan luar sekolah (PLS). Bandung: Mutiara Ilmu.
Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20, 26 (2003). Indonesia. Retrieved from http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf
Riyanto, Y. (2007). Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Bandung: Mutiara Ilmu.
Saugi, W., & Sumarno, S. (2015). Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengolahan bahan pangan lokal. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 226–238. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6361
Sub Direktorat Indikator Statistik. (2015). Indikator kesejahteraan rakyat 2015. Jakarta: Badan Pusat Statistik. Retrieved from https://microdata.bps.go.id/mikrodata/index.php/citations/208
Sudiapermana, E. (2013). Pendidikan luar sekolah dan Informal. Bandung: Edukasia Press.
Sugiyono. (2006). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Suharto, E. (2010). Membangun masyarakat memberdayakan rakyat. Bandung.
Sujarweni, V. W. (2015). Metode penelitian bisnis & ekonomi. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Tilaar, H. A. R. (2000). Paradigma baru pendidikan nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.16225
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.