Internalisasi Scientific Attitude Mahasiswa Pada Praktikum Fisika Dasar I Melalui Implementasi Inductive Teaching Methods
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.310Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Inductive Teaching Methods pada mata kuliah praktikum Fisika Dasar I dapat meningkatkan internalisasi Scientific Attitude mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research (CAR). Melalui PTK ini, diharapkan ditemukan suatu skenario pembelajaran Inductive Teaching Methods yang paling efektif dan efisien untuk meningkatkan internalisasi scientific attitude mahasiswa. Setelah dilakukan dua siklus tindakan kelas diketahui bahwa (1) Skenario pembelajaran pada tindakan siklus II telah berhasil menginternalisasikan aspek scientific attitude mahasiswa, hal ini ditandai dengan perolehan nilai indikator scientific attitude hingga pada taraf 66%, (2) Skenario pembelajaran pada tindakan siklus II terdiri dari langkah-langkah (a) asisten mengungkapkan permasalahan eksperimen, (b) mahasiswa melakukan kajian teori, (c) mahasiswa merumuskan hipotesis, (d) mahasiswa merancang percobaan, (e) dosen melakukan uji pemahaman konsep, (f) mahasiswa melakukan percobaan, (g) Mahasiswa membuat laporan sementara, (h) dosen meminta mahasiswa untuk membuat grafik hubungan antar- variabel percobaan.
Kata kunci: inductive teaching methods, scientific attitude
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.