Model Integrated Science Berbasis Socio Scientific Issues untuk Mengembangkan Thinking Skills dalam Mewujudkan 21st Century Skills
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v1i2.2484Keywords:
model integrated science, socio scientific issues, thinking skill, 21st century skillsAbstract
Tujuan penelitian mengembangkan model Integrated science berbasis Socio Scientific Issues (SSI) berupa Silabus, RPP dan Bahan Ajar IPAuntuk mengembangkan thinking skills. Metode penelitian adalah R&D, yang terdiri 4 langkah yakni define, design, develope dan desseminate (4-D), namun dibatasi pada 3 langkah pertama (3-D dari 4-D). Fase define meliputi pengumpulan data karakteristik siswa, analisis isu di masyarakat, pendefinisian variable pengembangan produk, dan menganalisis kurikulum. Fase design meli-puti menyusun draft kasar produk dan seleksi format. Fase develop meliputi pengembangan produk awal, validasi expert dan guru IPA dilanjutkan dengan revisi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kuali-tataif dan kuantitatif dengan 4 skala penilaian. Hasil penelitian menunjukkan model Integrated science berbasis SSI berupa Silabus, RPP dan bahan Ajar IPA yang dirancang untuk mengembangkan thinking skills layak digunakan dengan nilai sangat baik berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru IPA. Terdapat 4 isu yang diangkat yang dijadikan dalam tema-tema yaitu erupsi gunung berapi, tema zat aditif dalam maka-nan dan pengaruhnya, pengelolaan sampah, dan tema pengelolaan limbah perak. Produk hasil pengemba-ngan dapat mengembangkan ketrampilan berfikir, dilihat dari kegiatan di LKS dan modul.
Kata kunci: model integrated science, socio scientific issues, thinking skill, 21st century skills
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.