Peran pencak silat dalam meningkatkan disiplin dan kepemimpinan peserta didik SMA Negeri 2 Madiun
Downloads
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pencak silat dalam meningkatkan disiplin dan kepemimpinan peserta didik di SMA Negeri 2 Madiun. Pendidikan karakter di era digital menghadapi tantangan besar, salah satunya adalah pengaruh distraksi yang mengganggu pembentukan karakter peserta didik. Pencak silat sebagai kegiatan ekstrakurikuler berperan penting dalam mendukung pengembangan karakter peserta didik, khususnya dalam aspek kedisiplinan dan kepemimpinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencak silat memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan disiplin dan kepemimpinan peserta didik. Rata-rata persepsi siswa terhadap pencak silat dalam meningkatkan kedisiplinan mencapai 89,40%, yang masuk dalam kategori baik, dengan aspek yang paling menonjol adalah peningkatan kedisiplinan dalam mengikuti latihan dan mematuhi peraturan. Sedangkan dalam aspek kepemimpinan, rata-rata persepsi mencapai 86,70%, yang menunjukkan bahwa pencak silat membantu peserta didik mengembangkan keterampilan kepemimpinan, seperti kemampuan memimpin, berkomunikasi efektif, mengambil keputusan, dan memotivasi peserta didik.
This study aims to analyze the role of pencak silat in enhancing discipline and leadership among students at SMA Negeri 2 Madiun. Character education in the digital era faces significant challenges, one of which is the influence of distractions that hinder the formation of students' character. Pencak silat, as an extracurricular activity, plays an important role in supporting the development of students' character, particularly in aspects of discipline and leadership. This research uses a qualitative approach with observation, interviews, and documentation as data collection methods. The results of the study indicate that pencak silat has a positive impact on improving students' discipline and leadership. The average perception of students regarding pencak silat in enhancing discipline reached 89.40%, which falls into the good category, with the most prominent aspect being improved discipline in following training and adhering to regulations. Meanwhile, in the aspect of leadership, the average perception reached 86.70%, indicating that pencak silat helps students develop leadership skills, such as the ability to lead, communicate effectively, make decisions, and motivate their peers.
Andriadi, M., & Saputra, I. (2021). Pencak Silat dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Jasmani, 16(2), 120-135.
Hulteen, R. M., Smith, J. J., & Reilly, J. J. (2018). Physical Activity and the Development of Character in Youth. Journal of Sports Sciences, 36(7), 788-799. https://doi.org/10.1080/02640414.2018.1444177
Lima, A., Sousa, E., & Ferreira, M. (2017). The Role of Discipline in Character Education. Journal of Education and Development, 22(3), 46-52.
Saputra, A., & Wibowo, D. (2020). Globalisasi dan Dampaknya terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 29(3), 150-160.
Widyawan, A. (2021). Pendidikan Kepemimpinan di Sekolah: Peran dan Tantangannya di Era Digital. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 12(1), 5-18.
Yuliandra, A., Amri, M., & Setiawan, R. (2020). Pengembangan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat di SMA. Jurnal Pengembangan Karakter, 18(1), 85-98.
Andriadi, M., & Saputra, I. (2021). Karakter dan Kedisiplinan dalam Latihan Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Olahraga, 20(2), 110-122.
Lima, R., & Rosman, T. (2017). Sports Activities and Discipline: A Study of High School Students. Journal of Educational Research, 25(4), 230-242.
Saputra, H., & Setiawan, D. (2020). Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan melalui Pencak Silat di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kepemimpinan, 14(2), 123-134.
Widyawan, A. (2021). Keterampilan Kepemimpinan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Karakter, 21(4), 180-193.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.