Pengaruh konflik peran ganda beban kerja dukungan sosial dan stres kerja terhadap hasil kinerja guru PJOK SMP Kabupaten Sleman
Downloads
Mengetahui bagaimana konflik peran ganda, beban kerja, dukungan sosial, serta stres kerja mempengaruhi hasil kinerja guru PJOK SMP di Kabupaten Sleman merupakan tujuan dilakukannya penelitian ini. Penelitian korelasi digunakan dalam penelitian ini. Partisipan adalah guru PJOK SMP di Kabupaten Sleman. Purposive sampling digunakan untuk metode penentuan sampel dengan jumlah 55 orang. Instrument pengumpulan data dengan skala likert. Analisis statsistik yang dipakai yaitu uji regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menyatakan (1) konflik peran ganda berpengaruh signifikan terhadap hasil kinerja guru PJOK SMP di Kabupaten Sleman dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel (1,828 > 1,675). 2) Dengan nilai t hitung > t tabel (3,449 > 1,675) dan nilai sig (0,001 < 0,05) maka beban kerja berpengaruh signifikan terhadap hasil kinerja guru PJOK SMP di Kabupaten Sleman. (3) nilai t hitung > t tabel (2,530 > 1,675) dan nilai sig (0,000 < 0,05) menunjukkan bahwa dukungan sosial berpengaruh signifikan terhadap hasil kinerja guru PJOK SMP di Kabupaten Sleman. 4) Stres kerja berpengaruh signifikan terhadap capaian kinerja instruktur PJOK SMP di Kabupaten Sleman, ditunjukkan dengan nilai sig (0,000 > 1,675) dan nilai t hitung > t tabel (2,116 > 1,675). (5) Konflik peran ganda, beban kerja, dukungan sosial dan stres kerja berpengaruh signifikan terhadap capaian kinerja instruktur PJOK SMP di Kabupaten Sleman, ditunjukkan dengan nilai sig (0,000 < 0,05) dan nilai F hitung > F tabel (7,187 > 2,56).
Knowing how dual role conflict, workload, social support, and work stress affect the performance of junior high school physical education teachers in Sleman Regency is the purpose of this study. Correlation research is used in this study. Participants are junior high school physical education teachers in Sleman Regency. Purposive sampling is used for the sample determination method with a total of 55 people. The data collection instrument uses a Likert scale. The statistical analysis used is simple and multiple regression tests. The results of the study stated that (1) dual role conflict has a significant effect on the performance of junior high school physical education teachers in Sleman Regency with a sig value of 0.000 <0.05 and t count> t table (1.828> 1.675). 2) With a t count> t table (3.449> 1.675) and a sig value (0.001 <0.05), the workload has a significant effect on the performance of junior high school physical education teachers in Sleman Regency. (3) The calculated t value > t table (2.530 > 1.675) and the sig value (0.000 < 0.05) indicate that social support has a significant effect on the performance results of junior high school PJOK teachers in Sleman Regency. 4) Work stress has a significant effect on the performance achievements of junior high school PJOK instructors in Sleman Regency, indicated by the sig value (0.000 > 1.675) and the calculated t value > t table (2.116 > 1.675). (5) Dual role conflict, workload, social support and work stress have a significant effect on the performance achievements of junior high school PJOK instructors in Sleman Regency, indicated by the sig value (0.000 < 0.05) and the calculated F value > F table (7.187 > 2.56).
Agyapong, B., Obuobi-Donkor, G., Burback, L., & Wei, Y. (2022). Stress, Burnout, Anxiety and Depression among Teachers: A Scoping Review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(17). https://doi.org/10.3390/ijerph191710706
Ahmad Budi Sutrisno, & Yusri, A. Y. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Konsep Diri, Aktivitas Belajar, Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 221–229. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.580
Akbar, D. A. (2017). Double Conflict Role for Female Employees and Work Stress. An Nisa'a: Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 12(1), 33–48. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/annisa/article/view/1464
Akilah, F. (2018). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 518–534. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v6i1.282
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Darmawa, O. A., & Handoyo, P. (2020). peran ganda buruh perempuan pada keluarga dan pekerjaan (Studi Kasus Di Pabrik PT. Sampoerna TBK). Jurnal Of Sosiological Studies, 9(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/35180/31297
Dawam, M., & Setiawan, I. T. (2022). Analisis Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Mempengaruhi Stres Kerja (Studi Empirik). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 9(1), 77–88. https://doi.org/10.36987/ecobi.v9i1.2134
Fahada, D. (2024). Pengaruh Stres, Dukungan Sosial, dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(4), 714–720. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i4.2047
Firdaus. (2020). IMPLEMENTASI DAN HAMBATAN PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19. Jurnal Utile, VI(2), 220–225. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1009
Goní§alves, L. L., Parker, M., Luguetti, C., & Carbinatto, M. V. (2022). The facilitator's role in supporting physical education teachers' empowerment in a professional learning community. Sport, Education and Society, 27(3), 272–285. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/13573322.2020.1825371
Husnalia, S., Hadi, S., & Mufarohah, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 7(1), 86–97. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/598
Mangkunegara, A. A. A. P., & Puspitasari, M. (2015). Kecerdasan Emosi Guru, Stres Kerja, Dan Kinerja Guru Sma. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2), 144. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jk.v45i2.7491
Maulidah, K., Ali, S., & Pangestuti, D. C. (2022). Pengaruh Beban Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Turnover Intention Karyawan RSU "ABC" Jakarta Selatan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 3(2), 159–176. https://doi.org/10.35912/jakman.v3i2.611
Muliyaningsih, F. (2019). Pengaruh Pendidikan Jasmani Terhadap Pembentukan Budi Pekerti Universitas Negeri Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=oC5i6SMAAAAJ&citation_for_view=oC5i6SMAAAAJ:-f6ydRqryjwC
Mulyaningsih, F. (2008). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SENAM. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(2), 34–37. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v5i2.458
Ningrum, Y. P., & Suwandi, D. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1894–1903. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5754
Nugraheni, A. R., Utami, H. N., & Prasetya, A. (2022). Beban Kerja Dan Work Life Balance Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Yayasan Penddikan Islam (YAPIS) Cabang Kota Jayapura. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 8(4), 1304. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/020221994
Purwati, D., & Mahfud, Y. (2019). PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL , KEPRIBADIAN HARDINESS DAN EFIKASI DIRI TERHADAP BURNOUT ( STUDI PADA GURU SMP NEGERI 1 SIGALUH BANJARNEGARA ). Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1), 70–77. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jebe.v1i1.877
Rivaldo, Y., Sulaksono, D. H., Pratama, Y., & Supriadi. (2021). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi, Komitmen Organisasi Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Damkar Pemko Batam. Jurnal JUMKA, 1(1), 40–58. https://doi.org/https://doi.org/10.36352/jumka.v1i1.149
Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Kelas, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika
Sugiyono. (2019). Metode Penenlitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.)). Alfabeta.
Sulastri, Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Toisuta, D., & Leokmono, J. . L. (2017). Hubungan Kepuasan Kerja, Stres Guru Dengan Kebahagiaan Guru Pendidikan Agama Sekolah Menengah Di Kota Ambon. Satya Widya, 33(1), 11. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p11-28
Weken, M. E., Mongan, A. E., & Kekenusa, J. S. (2020). Relationship between Workload, Role Conflict, and Social Support with Work Stress on Teachers at Manado 1 State High School During the Covid-19 Pandemic. Journal of Public Health and Community Medicine, 1(2020), 80–88. https://doi.org/https://doi.org/10.35801/ijphcm.1.4.2020.32139
Werenfridus, Hartoyo, A., & Basith, A. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Kerja Pada Guru Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar Indonesia, 8(2), 47–51. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i2.4452
Wulandari, J. (2015). Tinjauan tentang konflik peran ganda dan dukungan sosial suami terhadap stres kerja (studi pada dosen perempuan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik di Universitas Lampung). Ecodemica, 3(1), 417–437. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jeco.v3i1.79
Xie, X. (2023). Sociological Analysis of the Conflict between Work and Family Roles in Dual " employee Families. Journal of Education and Educational Research, 6(1), 127–130. https://doi.org/https://doi.org/10.54097/jeer.v6i1.14175
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.