Transformasi model berdiferensiasi berbasis teknologi pada pembelajaran penjas di perguruan tinggi Makassar

Transformasi Model Berdiferensiasi Berbasis Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Authors

April 23, 2025
May 22, 2025

Downloads

Fokus penelitian ini menganalisis transformasi pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Jasmani (Penjas) di perguruan tinggi Makassar melalui pendekatan yang lebih personal dan adaptif. Model pembelajaran berdiferensiasi berbasis teknologi diharapkan dapat memenuhi beragam gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi model tersebut dalam konteks pembelajaran Penjas dan dampaknya terhadap pengalaman belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik, yang meliputi pengkodean data, pengidentifikasian tema utama, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran berdiferensiasi, Dosen berhasil menerapkan berbagai strategi, seperti pengelompokan siswa berdasarkan kemampuan dan penyesuaian materi terbuka, yang mengakomodasi kebutuhan individu. Peningkatan Motivasi belajar hingga 80%, dengan 75% menyatakan lebih tertarik untuk mengikuti kelas. Keterlibatan dalam kegiatan praktikum meningkat hingga 70%, dengan lebih banyak siswa berpartisipasi dalam diskusi dan aktivitas fisik. Penyesuaian materi dan metode pembelajaran meningkatkan pemahaman konsep, terbukti dari hasil evaluasi yang menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar 15% dibandingkan semester sebelumnya. Kesimpulan penelitian ini secara signifikan meningkatkan pengalaman belajar dalam pembelajaran Penjas di perguruan tinggi Makassar.

This study aims to analyze the implementation of a technology-based differentiated learning model in enhancing the effectiveness of Physical Education (Penjas) instruction in higher education institutions in Makassar. This model is designed to accommodate diverse student learning styles through a more personalized and adaptive approach. The research employs a qualitative method, utilizing data collection techniques such as in-depth interviews, classroom observations, and document analysis. The data were analyzed using thematic analysis techniques, which include coding, identifying key themes, and drawing conclusions. The findings indicate that implementing this learning model increases student motivation by up to 80%, with 75% of students expressing greater interest in attending classes. Student engagement in practical activities also rose to 70%, particularly in discussions and physical activities. Furthermore, students' conceptual understanding improved significantly, as evidenced by an average score increase of 15% compared to the previous semester. Thus, this study concludes that the technology-based differentiated learning model significantly enhances students' learning experiences in Physical Education instruction at the higher education level.