Pengaruh persepsi pembelajaran bola voli terhadap hasil belajar permainan bola voli kelas VIII di SMP Negeri 3 Samigaluh

persepsi hasil belajar bola voli perception learning outcomes volleyball

Authors

  • Nuriyan Hayu Miranti Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Danang Pujo Broto Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Ismail Gani
    ismailgani@uny.ac.id
    Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Sigit Antoni Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
January 3, 2025
April 25, 2023

Downloads

Persepsi peserta didik merupakan salah satu factor yang dipertimbangkan untuk optimalisasi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi dan hasil belajar permainan bola voli pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Samigaluh.  Penelitian ini merupakan penelitian kunatitatif korelasional. Populasi dalam penelitian merupakan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Samigaluh dengan sampel sebanyak 30 peserta didik. Data diperoleh menggunakan teknik survei dengan instrument kuisoner tentang persepsi dan dokumentasi hasil belajar. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri Samigaluh dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Derajat hubungan kedua variabel dalam penelitian ini memiliki hubungan korelasi sempurna karena memiliki nilai Pearson Correlation sebesar 0,886. Penting meningkatkan persepsi peserta didik tentang permaian bola voli karena berdampak positif pada hasil belajar.

 

Abstract: Student perception is one of the factors considered to optimize learning outcomes. This study aims to determine the relationship between perception and learning outcomes of volleyball games in class VIII students at SMP Negeri 3 Samigaluh. This study is a quantitative correlational study. The population in the study were class VIII students at SMP Negeri 3 Samigaluh with a sample of 30 students. Data were obtained using a survey technique with a questionnaire instrument on perception and documentation of learning outcomes. Data analysis used the product moment correlation test. Based on the results of the study, it was found that there was a significant relationship between perception and learning outcomes of class VIII students at SMP Negeri Samigaluh with a significance value of 0.000 <0.05. The degree of relationship between the two variables in this study has a perfect correlation relationship because it has a Pearson Correlation value of 0.886. It is important to improve students' perceptions of the game of volleyball because it has a positive impact on learning outcomes