Pengaruh latihan meditasi terhadap akurasi memanah siswa ekstrakurikuler panahan SMP di Kabupaten Sleman

siswa meditasi akurasi student meditation accuracy

Authors

July 22, 2024
April 9, 2024

Downloads

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh meditasi terhadap akurasi memanah siswa Ekstrakurikuler Panahan SMP di Kabupaten Sleman. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Pelaksanaan program latihan meditasi selama 18x pertemuan. Sampel penelitian adalah atlet panahan berjumlah 10 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes akurasi dilakukan untuk mengetahui akurasi pada siswa ekstrakurikuler panahan tersebut, tes dilakukan dengan siswa memanah pada jarak 30 meter. Analisis data menggunakan uji t untuk membandingkan hasil pretest dan posttest. Hasil pretest dicatat skor akurasi panahan 10 siswa ekstrakurikuler SMP di Kabupaten Sleman. Skor akurasi Pretest  rata-rata 260,60 setelah dilakukan 18 sesi latihan meditasi, skor akurasi memanah pada posttest meningkat menjadi rata-rata 276,10 analisis statistik menunjukkan bahwa peningkatan akurasi memanah siswa mengalami signifikan, dengan p-value 0,000<0,05, yang menunjukkan bahwa latihan meditasi dapat secara efektif meningkatkan keseimbangan dan akurasi memanah siswa ekstrakurikuler. Kesimpulan  secara keseluruhan, temuan kami menunjukkan bahwa latihan meditasi secara signifikan meningkatkan akurasi memanah.

 

Abstract: The purpose of this study was to determine the effect of meditation on the archery accuracy of junior high school archery extracurricular students in Sleman Regency. This research method uses an experimental method with a one-group pretest-posttest design. Implementation of the meditation training program for 18x meetings. The research sample was 10 students. The research instrument used an accuracy test to determine the accuracy of the archery extracurricular students, the test was carried out with students archery at a distance of 30 meters. Data analysis using the t-test to compare pretest and post-test results. The pretest results recorded the archery accuracy scores of 10 junior high school extracurricular students in Sleman Regency. Pretest accuracy scores averaged 260,60 after 18 sessions of meditation practice, archery accuracy scores on the posttest increased to an average of 276,10 Statistical analysis showed that the increase in students' archery accuracy was significant, with a p-value of 0,000<0,05, indicating that meditation practice can effectively improve the balance and archery accuracy of extracurricular students. Overall, our findings suggest that meditation practice significantly improves archery accuracy.